Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Rabu, 30 April 2008, 00:15 WIB

Di malam hari itu, aku rehat sejenak dari kepenatan mengutak-atik pembuktian suatu teorema. Aku keluar kamar, duduk di teras, sambil memandang gelapnya langit. Tak aku sangka, malam itu bulan berwujud purnama. Cantik sekali. Akan tetapi, yang membuatku lebih terpana adalah penampakan lingkaran cahaya (halo) di sekitar bulan. Subhanallah!

 

Foto Langit Bulan Purnama di Candi Ijo, Prambanan, Yogyakarta jaman dulu di tahun 2008
Langit malam dengan bulan purnama yang nyaris tertutup awan.

 

Berhubung ini momen yang tergolong langka, oleh sebab itu dengan penuh kerusuhan aku mengambil kamera yang tersimpan di drybox, tripod yang mendekam di bagasi mobil, dan kunci gerbang dari laci yang berantakan . Setelah membuat rumah penuh dengan huru-hara, akhirnya aku berhasil keluar menuju halaman depan dan ternyata... bulannya menghilang tertutup awan.

 

Sial!

 

Untung sampai tengah malam aku belum menewaskan diri di kasur. Saat aku kembali melihat langit untuk yang kedua kalinya, tak disangka bulan purnama kembali muncul menghiasi langit. Karena posisi bulan sudah tinggi, aku bisa mendapat sudut pandang yang lebih luas walau hanya di halaman belakang. Jepret sana jepret sini, tapi kok hasilnya kurang memuaskan ya?

 

Setelah merenung beberapa saat, aku menemukan kunci untuk memotret bulan.

 

Panjang Fokal Terpanjang

Gunakan panjang fokal terpanjang yaitu zoom paling panjang. Zoom terpanjang di lensa yang aku pakai adalah 135mm. Karena sensor DSLR berjenis APS-C dengan crop factor 1.5, maka hasil fotonya bakal setara dengan panjang fokal 200mm di format full frame.

 

Aku pernah mendengar bahwa untuk memoret bulan dengan jelas memerlukan panjang fokal minimal 300mm di format full frame. Karena itu, aku sangsi apabila kamera digital saku dengan zoom maksimal 3x mampu untuk memotret bulan.

 

foto bulan purnama yogyakarta
Bulan dengan kecepatan rana 1/250 detik, diafragma f/5.6, panjang lensa 135mm, dan DSLR 10 MP.

 

Titik Fokus ke Bulan

Arahkan fokus ke bulan. Tidak terlalu sulit dengan menggunakan bantuan sistem autofokus. Sebabnya bulan terang benderang, jadi sistem autofokus tidak kesulitan untuk mengunci fokus.

 

Mode Shutter Priority

Nah ini triknya, gunakan mode shutter priority atau manual dan tentukan kecepatan rana sekitar 1/60 - 1/250 detik. Sebisa mungkin gunakan ISO rendah, misalnya 100 atau 200. Dengan menggunakan pengaturan tersebut dijamin foto bulan yang tercipta akan menjadi seperti foto yang terpampang di artikel ini. Karena, jika menggunakan kecepatan rana yang lambat sekitar 1/2 - 1 detik maka tekstur permukaan bulan tidak bakal terlihat.

 

Nah, gimana? Gampang kan memotret bulan? Lebih bagus lagi jika Pembaca memakai lensa zoom panjang dan memposisikan diri di tempat yang paling tinggi, semisal di atap atau di pegunungan. Dijamin foto bulan yang diperoleh akan lebih besar dan jelas.

 

Selamat bereksperimen!


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • IPIN MARIPIN
    avatar 44
    IPIN MARIPIN #Kamis, 24 Apr 2008, 18:08 WIB
    subhanallah. keren banget fotonya wisna. semoga bukan hanya karena alat yang kau gunakan yang bagus, tetapi objeknya juga bagus.
    Terima kasih. Sebenarnya masih banyak keindahan alam yang luput dari penglihatan kita. Adalah suatu keharusan bagi kita untuk menjaga dan merawatnya agar kelak generasi setelah kita masih dapat menyaksikannya.
  • IES
    avatar 45
    IES #Selasa, 29 Apr 2008, 09:24 WIB
    Mawi.. aku berkunjung ni..
    wow.. keren banget eh Subhanallah ding :p
    aku juga suka liat bulan, tp blm pernah moto secara langsung, boleh minta orinya ngga? (hasil fotomu maksdnya) kirim ke mailku, kl boleh harus boleh!! Maksa :p
    Terima kasih sudah berkunjung Istea. Foto bulan close-up itu adalah foto aslinya. Karena jarak bulan sangat jauh jadinya dengan perlengkapan kameraku yang terbatas hanya bisa menampilkan gambar seukuran itu saja.
  • TUTI NONKA
    avatar 3734
    TUTI NONKA #Selasa, 22 Mar 2011, 18:13 WIB
    Wooo ... gitu tho caranya memotret bulan? Aku cuma pakai kamera poket, mode auto, tanpa flash. Hasilnya, yang kelihatan adalah pendar bulan, tapi detil permukaannya nggak kelihatan ...
    Awalnya saya motret gitu juga Bunda. Setelah dicoba berkali-kali, akhirnya dapat teknik ini. :)
  • SATRIO
    avatar 9094
    SATRIO #Sabtu, 16 Jan 2016, 16:15 WIB
    Masih tahun segitu udah expert ya Om? wkkwkw
    Ah, nggak juga, wkwkwkw