Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Kamis, 18 Juni 2015, 08:37 WIB

Etika Berwisata Alam

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak alam!
  3. Patuhi peraturan dan tata krama yang berlaku!
  4. Jaga sikap dan sopan-santun!
  5. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  6. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Acara motret bareng Pakdhe Prap dan Mas Pitra sudah jadi kegiatan rutin dari tahun ke tahun. Dari dulu sebenarnya Pakdhe penasaran sama Pantai Klayar di Pacitan, Jawa Timur sana. Tapi berhubung acara motret kami biasanya di minggu libur lebaran, alhasil kalau ke Pacitan pasti bakal kena macet dan di sana ramai banget. Jadinya ya males deh.   

 

Pacitan di Hari Kerja

Kebetulan, hari Senin (11/5/2015) Pakdhe Prap dan Mas Pitra lagi ada di Jogja. Langsung deh kami menyusun rencana motret ke Pacitan, hohoho. Pakdhe bilang, di Pacitan nanti mesti menginap semalam supaya tahu kondisi pantai saat pagi (sunrise) dan senja (sunset).

 

Lalu-lintas Jogja – Pacitan di hari kerja dan bukan pas musim liburan jelas LANCAR JAYA. Lewatnya rute biasa, yaitu Kota Jogja – Kota Wonosari – Pracimantoro – Perempatan Giri Belah – Pantai Klayar. Waktu tempuh Jogja ke Pacitan kira-kira 3 jam lah dengan berkendara santai.

 

Dasar Tanjakan Pathuk – Kota Wonosari 1 jam
Kota Wonosari – Batas Provinsi 30 menit
Batas Provinsi – Pasar Pracimantoro 15 menit
Pasar Pracimantoro – Perempatan Giri Belah 25 menit
Perempatan Giri Belah – Perempatan Sembukan 20 menit
Perempatan Sembukan – Pantai Klayar 45 menit

 

Yang bikin jengkel itu ruas jalan sekitar 10 km sebelum Pantai Klayar masih sempit dan rusak. Ini ruas jalan terlihat mau dilebarin sih, tapi ya kok belum dieksekusi? Apa terkendala kucuran dana ya? Mungkin Pakdhe Soekarwo (Gubernur Jawa Timur) atau Pakdhe Indartato (Bupati Pacitan) bisa turun tangan untuk mempercepat pengerjaannya? Hehehe .

 

Pos Retribusi Pantai Klayar Pacitan tahun 2015
Ini pos retribusi Pantai Klayar. Nggak tahu kenapa, waktu itu dibilang nggak usah bayar.
Mungkin karena hari Senin ya? Atau karena petugasnya udah nggak ada?

 

Parkir Kendaraan Pantai Klayar Pacitan tahun 2015
Tempat parkir kendaraan pengunjung. Sekarang sudah banyak warung.

 

Selamat Datang di Pantai Klayar Pacitan tahun 2015 yang berpasir Putih
Yes! Selamat datang di Pantai Klayar, Pacitan, Jawa Timur!

 

Sampah-sampah pengunjung berserakan di Pantai Klayar Pacitan tahun 2015 yang berpasir Putih
Kok ya kotor begini? Jadwal angkut sampahnya kapan ya?

 

Tarif sewa motor ATV di Pantai Klayar Pacitan tahun 2015 yang berpasir Putih
Kok ya motor ATV ya? Nggak delman atau kuda gitu?

 

Begitu sampai di Pantai Klayar kami langsung merapat ke spot foto sejuta umat. Apalagi kalau bukan karang-karang yang ada di sisi timur Pantai Klayar. Sekarang banyak warga yang menawari jasa “ojek” ATV ke karang-karang itu dengan tarif Rp50.000 per motor pergi-pulang. Kok mahal ya? Gara-gara solar naik barangkali? Mending jalan kaki saja sih, paling nggak ada 10 menit.

 

Pada akhirnya kami menanti mentari senja turun ke cakrawala dari puncak tebing Pantai Klayar. Dari sini juga bisa memotret “Seruling Samudera” tanpa harus beresiko basah dan terpeleset. Aku sendiri kurang puas motret karena lupa memprediksi faktor cuaca. Motret pantai (laut) kan nggak segampang motret air terjun.

 

Bukit di Pantai Klayar Pacitan tahun 2015
Jalan mendaki menuju puncak bukit. Kelihatannya mau diperkokoh.

 

Tempat Pacaran Mesum di Pantai Klayar Pacitan tahun 2015
Puncak bukit untuk menunggu matahari terbenam. Sepi. Pas ke sini ada yang lagi pacaran.

 

Fotografer di Pantai Klayar Pacitan tahun 2015 yang berpasir Putih
Saatnya pasang tripod dan mulai beraksi!

 

Catatan Motret di Pantai Klayar

Berikut ini catatan motret Pantai Klayar yang sekiranya bisa Pembaca manfaatkan untuk merencanakan foto yang ciamik.

 

  1. Objek foto yang khas dan menarik dari Pantai Klayar adalah dua karang di sisi timur. Waktu tempuhnya sekitar 10 menit jalan kaki dari area parkir.

     

    Lokasi fotogenik di Pantai Klayar Pacitan tahun 2015
    Karang-karang yang jadi sasaran motret.

     

  2. Karang besar pertama di sisi barat adalah lokasi objek foto “Ombak yang Merambat”.

  3. Karang kedua yang dekat tebing (dikenal sebagai karang sphinx) adalah lokasi “Seruling Samudera”.

     

    Seruling samudera di Pantai Klayar Pacitan tahun 2015
    Ini lho yang namanya Seruling Samudera. Nggak fotogenik sih.

     

  4. Waktu terbaik untuk motret objek “Ombak yang Merambat” adalah saat musim ombak besar. Yaitu sekitar bulan Juli sampai September dan saat pasang naik. Untuk perkiraan waktu pasang naik serta ketinggiannya di pesisir Pacitan bisa dipelajari lewat tautan ini.

     

    Air merambat di Pantai Klayar Pacitan tahun 2015
    Pemirsa kecewa. Ombaknya nggak besar!
    Tapi... ombak besar bikin nelayan nggak bisa melaut dong? Serba salah...

     

  5. Kalau ingin motret senja pas matahari terbenam di laut, bisa memperhitungkan waktunya memakai aplikasi ini. Asal tahu saja, posisi matahari pas terbenam itu nggak bener-bener pas di arah barat. Kadang geser ke selatan atau malah ke utara, tergantung di bulan apa. Jadi, harap sedia selalu kompas dan kalender!

     

    Senja pertama di Pantai Klayar Pacitan tahun 2015
    Senja di Pantai Klayar dengan matahari di atas bukit.

     

    Senja kedua di Pantai Klayar Pacitan tahun 2015
    Versi jepretannya Pakdhe Prap.

     

 

Jadi kapan Pembaca mau mampir ke Pantai Klayar?
Pas bulan Ramadhan ini kah sambil ngabuburit di pantai?

 

Ulasan Pantai Klayar:

Akses Jalan: Mudah
Fasilitas Umum: Ada
Spot Matahari Terbit: Tidak
Spot Matahari Terbenam: Ya
Objek Khas: Karang di sisi timur (Seruling Samudera dan Ombak yang Merambat)


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • NBSUSANTO
    avatar 7802
    NBSUSANTO #Kamis, 18 Jun 2015, 09:37 WIB
    nganu.. sudah 2 kali ke klayar tapi belum pernah ke seruling samudera.. yang pertama
    harus jaga tenda gara-gara pada kabur duluan.. yang kedua karena ombak besar jalan ke
    seruling ditutup.. :(
    sekarang rame banget ya mas?
    pas ke sana kan hari Senin, jadi ya sepi. Tapi buat mendekat ke Seruling Samudera harus bayar retribusi dan dikawal sama petugas setempat.
  • DEDE RUSLAN
    avatar 7803
    DEDE RUSLAN #Kamis, 18 Jun 2015, 12:54 WIB
    Mas mau tanya utk foto low speed seperti foto senja di klayar itu harus ganti filter ga yg
    lebih gelap?
    klo aku pakai filter ND400 Bro
  • SALMAN BLUEPACKERID.COM
    avatar 7805
    SALMAN BLUEPACKERID.COM #Kamis, 18 Jun 2015, 16:37 WIB
    wuiihh kerenya pantai klayar ini, dan foto2nya cantik2 banget aiiihhh pengen kesana
    ayo Mas Bro mampir ke Pacitan :D
  • AISYA UTAMI
    avatar 7806
    AISYA UTAMI #Kamis, 18 Jun 2015, 17:01 WIB
    Keren banget fotonya, terutama yang batu karang dan senja. Ahh suka banget. Tapi sedih
    waktu lihat gambar tumpukan sampahnya. Selalu begitu ya kalau objek wisata sudah
    terkenal. :(
    Sepertinya di Indonesia ini tempat2 wisata yg menarik massa banyak = menarik banyak sampah...
  • DITA
    avatar 7807
    DITA #Kamis, 18 Jun 2015, 17:02 WIB
    beuuuhh foto-fotonya dahsyat kaaaaak!
    peralatan tempurnya lengkap banget siihh yaaa :D
    Ini yang kami sebut "ritual keagamaan" Dit, hehehe :p
  • ANNOSMILE
    avatar 7808
    ANNOSMILE #Kamis, 18 Jun 2015, 19:49 WIB
    baru tau kalau bagian atas sudah dikasih pagar..
    blom lama sepertinya ya
    Kayaknya setiap kali ke Klayar mesti ada yang beda ya No...
  • SOPHIA MEGA
    avatar 7809
    SOPHIA MEGA #Kamis, 18 Jun 2015, 22:06 WIB
    Wih, kereeeen!!!! Baru pertama kali ke blog ini hehehe.
    Yang seruling samudera itu kok kayak ada awannya gitu ya? Asik banget. Viewnya
    indah bangeeeet, karangnya yang bikin beda. Bagus banget. Yang paling favorit obyek
    foto nomer satu, keren.
    Wah ternyata banyak pertimbangan yaaaa sebelum motret :O
    hihihi makasih dah berkunjung. Iya, emang banyak pertimbangannya pas motret. :D
  • EXAUDIO SIREGAR
    avatar 7810
    EXAUDIO SIREGAR #Kamis, 18 Jun 2015, 23:07 WIB
    Asik yah, ky pantai-pantai di utaranya Krui kabupaten Pesisir Barat, hehe
    Kalau di Lampung aku yakin ada puluhan pantai yg mirip-mirip Klayar ini, hehehe
  • ADIE RIYANTO
    avatar 7813
    ADIE RIYANTO #Jum'at, 19 Jun 2015, 09:42 WIB
    Wijna, caranya ngasih tanda stiker di poto gitu gmn sih? Kayaknya lebih ringkas daripada harus ngasih tanda tulisan alamat blog.
    Hah? Itu buatnya pakai Photoshop Die. Kapan-kapan aku buatin tutorialnya deh.
  • TATA TIRS
    avatar 7815
    TATA TIRS #Jum'at, 19 Jun 2015, 11:00 WIB
    Nah, keren juga nih pantai Klayar. Kayaknya harus gua masukin list destinasi liburan nanti
    deh.
    Btw, foto-fotonya keren! Kameramu apa mas?
    Hihihi trima kasih. Silakan kapan-kapan dicoba mampir ke Pacitan, Jawa Timur. :D
    Aku pakai kamera lama, Nikon D80.
  • PARIS
    avatar 7819
    PARIS #Jum'at, 19 Jun 2015, 13:39 WIB
    bukit itu dulu masih penuh ilalang
    Di bukit itu dulu juga penuh kenangan Le? :D
  • FACHMI
    avatar 7820
    FACHMI #Jum'at, 19 Jun 2015, 15:26 WIB
    Klayar sudah mulai mainstream, coba ke pantai srau, watu karung atau banyu tibo. tak kalah josss
    Kapan-kapan meneh Mas nek dolan Pacitan :D
  • RUMPUTILLALANG
    avatar 7821
    RUMPUTILLALANG #Jum'at, 19 Jun 2015, 19:00 WIB
    wah sekarang sudah ada pos retribusinya ya, banyak fasilitas juga. kadang ada curug tibannya juga mas
    Nah itu, curug tibannya muncul pas musim ombak besar doang..
  • DITTER
    avatar 7822
    DITTER #Sabtu, 20 Jun 2015, 11:42 WIB
    Wooww.... informatif buanget mas... Sangat berguna bagi orang-orang yg ingin motret ke Pantai Klayar.

    Aku belum pernah ke sana nih. Dan memang jarang banget sih aku main2 ke pantai :D
    Jarang ke pantai bukan takut kulitmu jadi gosong kan Bro? :D
  • ANGKI
    avatar 7825
    ANGKI #Minggu, 21 Jun 2015, 06:08 WIB
    wah ini mas sajian mantap hehe... selalu suka sama karya" mas wijna josh mas... jadi
    ketauan kesabaran para pemburu ini hehe, itu pakde prap HDRnya ngeri mas hehe...
    Itu katanya bukan HDR Ngki. Tapi pakai banyak filter biar mirip lukisan. Prosesnya aku nggak boleh tahu. Rahasia perusahaan katanya, hahaha :D
  • BERBAGIFUN.COM
    avatar 7827
    BERBAGIFUN.COM #Minggu, 21 Jun 2015, 22:05 WIB
    senja nya gak turun pas di laut ya....
    Ho oh Bro, bukan bulan yang tepat.
  • HELDA
    avatar 7828
    HELDA #Senin, 22 Jun 2015, 02:48 WIB
    Foto-fotonya...indaaaah banget. Pgn liat pemandangan aslinya, karang-karangnya seperti di luar negri ya (padahal belum pernah ke luar negri __")
    Hahaha, klo dah ke luar negeri nanti komentarnya "karang-karangnya kayak di Indonesia" :D
  • ACHMAD MUTTOHAR
    avatar 7829
    ACHMAD MUTTOHAR #Senin, 22 Jun 2015, 07:05 WIB
    Wah ternyata keren juga ya, kang. Aku juga
    pernah mau ke Klayar diajakin temen.. Tapi,
    sampai sekarang belum jadi-jadi. Abis lebaran
    emang rencana mau piknik ke Jatim. Top dah
    ini. :D
    Klayar kalau musim liburan rame lho Bro
  • MAJOR TOM
    avatar 7831
    MAJOR TOM #Senin, 22 Jun 2015, 10:22 WIB
    lewat pracimantoro je ^_^
    Njuk ngopo???
  • ANDIKA HERMAWAN
    avatar 7832
    ANDIKA HERMAWAN #Senin, 22 Jun 2015, 13:13 WIB
    fotonya apik-apik, makin bikin mupeng ke sini .
    Lha dirimu belum kesampaian ke sini po Brow?
  • CINDYCA
    avatar 7840
    CINDYCA #Selasa, 23 Jun 2015, 16:06 WIB
    indah sekali sunset nya
    Ciptaan Tuhan memang indah :D
  • FANNY FRISTHIKA NILA
    avatar 7842
    FANNY FRISTHIKA NILA #Selasa, 23 Jun 2015, 23:17 WIB
    udh pernah pas des 2013 kmrn ^o^.. pas aku dtg, masih sepiiiiii bgttt... tp jalanan ke
    sana lg diperbaikin wkt itu mas... ampe skr ga beres???? Wah, ga bener itu...

    udh rame ya? :( kyknya msh bgsan pas aku dtg, sepi, bersih, berasa pantai pribadi
    Ya gitu deh mbak Fan, jalannya masih hancur sebagian. Mungkin nunggu dana proyek belum turun. :p

    Pantai Klayar dari kapan tahun rame terus mbak. Waktu itu datangnya bukan pas hari libur ya?
  • HILDA IKKA
    avatar 7853
    HILDA IKKA #Kamis, 25 Jun 2015, 12:48 WIB
    Masya Allah.. indah sekali ya ternyata. Adek angkatanku habis dari sana buat tugas
    syuting traveling. Pantesan ya, ternyata emang bagus. :D
    Primadonanya Pacitan ini mbak Ika :D
  • OCHIMKEDIRI
    avatar 7859
    OCHIMKEDIRI #Jum'at, 26 Jun 2015, 08:37 WIB
    wah keren pantainya...beberapa waktu lalu ada agenda mau tour kesini tapi nggak jadi :(
    Hehehe, kalau dari Kediri memang lumayan jauh ya...
  • RIFQY FAIZA RAHMAN
    avatar 7865
    RIFQY FAIZA RAHMAN #Jum'at, 26 Jun 2015, 23:18 WIB
    Pada prinsipnya kalau cuaca cerah, kita bisa melihat sunrise. Kita bisa naik ke tebing
    sebelah barat. Meskipun dominan perubahan warna langit.

    Lalu soal pelebaran jalan, memang kesannya terkendala dana. Namun, saat Maret 2014 ke
    Klayar, masih belum ada proyek kok. Lalu ke Klayar/Buyutan/Banyu Tibo lagi awal
    November 2014, ternyata jalan Goa Gong sudah mulus, lalu setelahnya diperlebar. Kalau
    risetnya dalam, dari arah Wonogiri, lalu beberapa km setelah gapura perbatasan Wonogiri-
    Pacitan, sebelum mendekati Jalan Raya Pacitan-Solo, ada jalan tembusan langsung ke
    Kalak, Donorojo. Nanti bisa tembus ke Pasar Kalak, Banyu Tibo, Buyutan, Klayar. :)
    Nah itu, untuk motret matahari terbit pas muncul dari laut Pantai Klayar agaknya kurang pas Qy.

    Itu pas kami pergi ke Klayar itu ya lewatnya jalur alternatif itu Qy, tembusnya di Giribelah. Lumayan mirip jalur pantai selatannya Gunung Kidul walau jumlah pantainya relatif sedikit.
  • ALAN
    avatar 7877
    ALAN #Minggu, 28 Jun 2015, 15:58 WIB
    berarti kudu dateng senin ya :D

    sepi plus ga bayar
    Dateng pas hari libur tapi pas subuh kayaknya juga nggak bayar, hehehe.
  • AGNES PRATIWI PUSPANAGARI
    avatar 7924
    AGNES PRATIWI PUSPANAGARI #Selasa, 7 Jul 2015, 23:27 WIB
    kerenn gambar nya
    Saya juga udah pernah kesana, tapi engga bisa
    motret seperti itu :( :D
    Kalau sering latihan lama-lama bisa kok seperti itu :)
  • FACHMI
    avatar 7993
    FACHMI #Minggu, 26 Jul 2015, 10:37 WIB
    klayar wis mainstream bgt mas, coba ke srau, soge atau banyutibo
    Emang Klayar dah mainstream, tapi Pakdhe penasaran aja sama Klayar :D
  • FANNY FRISTHIKA NILA
    avatar 8127
    FANNY FRISTHIKA NILA #Kamis, 20 Ags 2015, 18:47 WIB
    Pas aku datang pertengahan des mas.. emg sih ga musim liburan dan bukan weekend... Sepi bgttt itu... aku kira meg slalu sepi ni pantai... berarti kalo ksana lagi ga pas liburan yaa :)
    Iya mbak, lebih enak klo nggak pas liburan. Pantainya sepi serasa milik sendiri, hehehe.