Selamat datang pembaca
di blog saya ini!

Pembaca hendak

Mblusuk


apa, kemana, dan dimana ya

PEKOK ke Gua Maria Tritis

[Galeri] .:. Mencuci Baju

Salah satu kebutuhan primer manusia adalah mencuci baju. Lha wong manusia kan tiap pakai baju? Mosok ya bajunya nggak pernah dicuci? Kalau tiap kotor mesti beli baju baru kan ya boros tho ya? Apa ya ada manusia yang nggak pernah nyuci baju atau yang nggak pernah pakai baju? Setahu saya hanya penderita gangguan kejiwaan yang berprilaku demikian, hehehe. :D

 

Lantas, apa saya ndak dibilang menderita gangguan jiwa juga, ihwal aksi saya memotret kegiatan orang mencuci baju?

 

foto mencuci baju ngumbahi sendang klangkapan godean sayegan kebagusan sleman galeri

 

Buat saya, mencuci baju itu klasik. Bayangkan! Di tengah gempuran kepraktisan mesin cuci dan jasa laundry, dimana lagi kita bisa menyaksikan kegiatan mencuci baju yang konvensional, yang dikucek dan disikat?

 

Beruntunglah saya hidup di Jogja. Di mana kegiatan mencuci baju adalah hal yang lumrah dilakukan di tempat terbuka, khususnya di pedesaan. Seperti ketika saya berkunjung ke sendang Klangkapan dan sendang Kebagusan di kab. Sleman. Niat hati ingin berenang di sendang, eh kok malah di sekeliling sendang banyak yang mencuci baju? Duh!

 

foto mencuci baju ngumbahi sendang klangkapan godean sayegan kebagusan sleman galeri

 

Apa saya melanggar privasi? Saya pikir tidak. Pun kalau mereka tidak berkenan saya potret tentunya mereka akan menolak ketika saya ambil gambarnya. Apalah itu yang terjadi di ruang publik memang kerap menimbulkan banyak perdebatan, antara boleh dan tidak boleh. Mungkin yang dikhawatirkan adalah bagaimana kelak cara pemirsa mengkonsumsi foto tersebut.

 

Seperti foto mbak ini misalnya. Di antara sekian banyak ibu-ibu yang tengah mencuci baju di Sendang Klangkapan, mbak ini nampak menonjol. Ya, karena mbak ini usianya paling muda sendiri. Parasnya pun bolehlah dibilang ayu. Hingga kami semua bertanya-tanya, kenapa gerangan mbak ini mencuci? Bukankah mencuci identik dengan pekerjaan kaum hawa berusia lanjut?

 

foto mencuci baju ngumbahi sendang klangkapan godean sayegan kebagusan sleman galeri

 

Hahaha, foto mbak ini juga adalah yang menarik menurut saya. Sebab foto si mbak terpaksa saya crop setelah saya mencermati adanya penampakan ibu berkutang di latar belakang. Seandainya sang ibu tidak berkutang dan mungkin tidak ada disana, sepertinya fotonya akan jadi lain. :D

 

foto mencuci baju ngumbahi sendang klangkapan godean sayegan kebagusan sleman galeri

 

Ah ya, saya lupa, mencuci baju itu kan hak asasi tiap manusia. Di agama pun setahu saya tak ada larangan mencuci (selain mencuci uang tentunya :p). Namun kalau dicermati secara teliti, mencuci di sendang ibarat mencampur bahan-bahan kimia dari deterjen dengan air sendang. Hmmm, apakah dengan demikian air sendang akan tercemar? Kami pun tak mau berenang di kolam yang penuh busa deterjen, apalagi mengkonsumsi airnya?

 

foto mencuci baju ngumbahi sendang klangkapan godean sayegan kebagusan sleman galeri

 

Namun seperti layaknya kegiatan lain di pedesaan yang dilakukan di ruang terbuka. Mencuci adalah sarana warga untuk menjalin silaturahim. Dua orang yang tengah mencuci bisa mengobrol sembari mengucek pakaian. Topiknya apapun, mulai dari hal-hal seputar desa hingga seputar Indonesia. Tak heran, jarak antar manusia di desa lebih rekat dibandingkan dengan manusia kota. Mungkin karena warga desa relatif belum terjamah teknologi yang berkedok mendekatkan manusia. :p

NIMBRUNG YUK!

  • #Jum'at, 11 Maret 2011, 17:21 WIB
    Kalau mencuci di sungai sih, di kotaku masih banyak juga. Mungkin karena di daerah-daerahnya masih terdapat sungai yang jernih.
    Hmmm, jadi takut aja kalau aktivitas nyuci bikin sungai jadi seperti sungai-sungai di kota besar itu.
  • #Sabtu, 12 Maret 2011, 16:24 WIB
    Benar2 kurang gawe.....
    Btw, tampilan blognya bagus :D
    padahal blognya cuma ditambahi beberapa riasan lho :p
  • #Sabtu, 12 Maret 2011, 18:12 WIB
    Iya aku inget, dulu nenekku pernah cerita, nyuci tuh asiknya sambil ngobrol2 :D
    Ah kamu itu lho Wij, motretnya seneng si mbak ayu ituh :D
    yang foto mbak itu hasil pesenan temen-temen pesepeda yang malu untuk mendekat mbak, hehehe.:p
  • #Sabtu, 12 Maret 2011, 21:00 WIB
    mbak ayu njepretnya dari depan, jelas banget.:D
    coba ekspresinya mbah di foto bawah, keren kalik Wij...
    pilihan motret si mbak cuma dari depan atau dari atas Bu, kalau dari samping ya nanti mesti nyebur ke kolam dunk :p
    simbah dipotret dari bawah ya mesti nyebur ke air dunk Bu?
  • #Selasa, 15 Maret 2011, 12:35 WIB
    mencuci sambil menjepret
    hehehe :p
  • #Jum'at, 25 Maret 2011, 13:28 WIB
    khusus untuk mbaknya dipasang 2 foto. hahaha

    tapi memang manis kok mas
    lha iya :D
  • YANS
    avatar 3755
    #Kamis, 31 Maret 2011, 16:56 WIB
    tolong untuk foto urutan ke 4 apa tahu nama ibu yang sedang nyuci? soalnya saya menantu dari rumah yang deket sendang bagusan
    wah, coba ditanya Kang :)
  • SUSI
    avatar 3756
    #Kamis, 31 Maret 2011, 18:25 WIB
    apa saya melanggar privacy ?
    Ya sdr telah melanggar privacy, krn tanpa ijin ybs
    kalau ada keberatan dari pihak obyek foto akan saya hilangkan fotonya :)
  • YANS
    avatar 3761
    #Selasa, 5 April 2011, 11:53 WIB
    sy udah tanya ternyata bukan. oya jeng or kang tolong dong kasih informasi sejarah atau nasabnya makam yang ada di sendang kebagusan, soalnya saya lagi nyari-nyari trah saya. thanks
  • #Minggu, 24 April 2011, 13:19 WIB
    Masih mending airnya kelihatan jernih ya.. di Kalimantan airnya berwarna seperti teh (karena gambut) atau cokelat (karena lumpur) tapi ya orang2 tetep mencuci dengan santainya, hehe..
  • #Rabu, 10 Agustus 2011, 10:31 WIB
    bagus.. bagus :)

    jadi inget waktu masih kecil aku suka ikut mamah mencuci di sungai, di desaku sungainya masih jernih.
    wah, desanya mbak Rita di mana ya?
  • #Jum'at, 12 Agustus 2011, 08:53 WIB
    di desa kulur, kota majalengka.. :)
    Majalengka...yah, setidaknya masih lebih jauh Bogor lah :p
  • #Senin, 15 Agustus 2011, 10:35 WIB
    iya mbak tau kan majalengka,,

    ya lumayan jauh mbak bogor mh.. :D
    hahaha, iya
  • #Jum'at, 19 Agustus 2011, 09:16 WIB
    lha sing mandi gimana kalo pada nyuci kayak gitu?
    Yang mandi ndak perlu pakai sabun mbah, kan yo sudah ada sisa deterjen tow? :p
  • #Kamis, 30 Mei 2013, 13:53 WIB
    Kalau zaman dulu kan nyuci belum pake detergen, masih pake sabun balok yg katanya
    jauh lebih ramah lingkungan dari pada yg di iklan-iklan tv.
    Iya, sabun deterjen itu kan mencemari lingkungan banget. Lha wong katanya bisa membersihkan beragam noda. Bisa jadi membersihkan organisme-organisme lain di lingkungan juga.