Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Kamis, 12 November 2015, 07:39 WIB

Kayaknya udah lama banget aku nggak nulis artikel tentang motret-motret di blog ini. Jadi ya kali ini aku mau ngobrolin tentang motret kupu-kupu yang kian hari kian langka ditemui. Siapa tahu rumah Pembaca kedatangan tamu istimewa ini dan bikin Pembaca tergelitik untuk memotretnya.

 

Awal ceritanya itu, di suatu pagi aku secara nggak sengaja melihat ada kupu-kupu yang baru menetas dari kepompong di halaman belakang rumah. Berhubung ini termasuk momen yang langka buanget, jadi ya segera aku siapkan DSLR untuk mengabadikannya.

 

Tips memotret kupu-kupu menggunakan DSLR pemula

 

Alasan aku memilih motret kupu-kupu pakai DSLR, karena menurutku memotret kupu-kupu pakai DSLR ibarat membunuh nyamuk pakai bom nuklir, huahahaha.

 

Aku rasa kualitas foto DSLR untuk memotret benda-benda kecil (makro) jauh lebih baik ya dibandingkan jika memakai kamera poket atau kamera handphone. Aku sendiri nggak punya lensa khusus makro (dan nggak berniat buat punya ), jadinya aku memakai lensa prime Nikkor 35mm DX yang menjadi andalanku untuk urusan motret detil.

 

Berhubung kupu-kupunya ini baru menetas dari kepompong, kayaknya dirinya ini juga masih dalam tahap mengumpulkan nyawa yang tercecer. Jadinya kupu-kupu ini jinak banget! Bisa aku pindah-pindah tempat tanpa khawatir bakal kabur terbang.

 

Eh, apa mungkin dirinya sengaja jadi jinak karena mau dipotret ya? Hahaha.

 

Tips memotret kupu-kupu menggunakan DSLR pemula

 

Oke! Daripada banyak membuang-buang waktu mari kita lanjut ke tahap-tahap memotret.

 

Untuk pengaturan DSLR, aku memakai ISO 100 dan bukaan diafragma besar yaitu f/2.8. Mode pemotretannya Aperture Priority (kalau di DSLR Canon mode Av) karena aku nggak mau dipusingkan dengan pengaturan kecepatan rana (shutter speed).

 

Yang perlu diperhatikan dalam memotret hewan-hewan kecil seperti ini adalah usahakan untuk memakai diafragma besar semisal f/2.8 dan jangan diafragma sempit macamnya f/8, f/11, dst. Ini supaya latar (background)-nya jadi kabur (blur). Kalau latarnya nggak dibuat kabur nanti pandangan pemirsa foto jadi teralihkan ke suasana latarnya dan bukan ke hewan kecilnya.

 

Tips memotret kupu-kupu menggunakan DSLR pemula

 

Tips memotret kupu-kupu menggunakan DSLR pemula

 

Kedua, atur titik fokus DSLR ke mata hewan kecil tersebut. Karena tatapan mata adalah segalanya, hahaha . Ini yang lumayan sulit lho, karena hewannya saja kecil, apalagi matanya, pasti ukurannya lebih kecil.

 

Setelah aku potret. Hmmm, sepertinya latar halaman belakang masih terlihat menganggu. Jadi mungkin perlu diberi latar buatan. Oleh karena di dekatku ada lembaran kertas koran, jadi aku pakai kertas koran itu sebagai latar foto. Hasilnya seperti di bawah ini.

 

Tips memotret kupu-kupu menggunakan DSLR pemula

 

Ternyata pakai kertas koran pun juga bukan ide yang bagus, karena pola-pola dari kertas koran (padahal sudah dipilih yang lembar iklan lho yang polanya umumnya seragam) masih nampak jelas.

 

Jadi, mungkin lebih bagus kalau pakai latar yang polos ya. Tapi apa ya? Apa ada benda di rumah yang bisa dijadikan latar polos?

 

Nggg, mungkin bisa pakai taplak meja. Tapi meja di rumah nggak pakai taplak meja. Pakai seprei juga mungkin bisa. Tapi seprei di rumah umumnya bercorak warna-warni.

 

Akhirnya aku putuskan pakai rukuh alias mukenanya Ibu. Kebetulan mukenanya Ibu kan warnanya putih polos. Alhasil halaman belakang rumah aku setting sebagai studio luar seperti foto di bawah ini.

 

Tips memotret kupu-kupu menggunakan DSLR pemula

 

Lumayan susah juga motret dengan latar mukena, karena:

 

  1. Mukenanya sebisa mungkin harus direnggangkan supaya lipatan kainnya nggak terlihat.
  2. Mukenanya gampang berkibar-kibar ditiup angin.
  3. Si kupu-kupu mulai aktif bergerak-gerak! Kayaknya sebentar lagi dirinya bakal take-off deh.

 

Tips memotret kupu-kupu menggunakan DSLR pemula

 

Hingga kemudian, beberapa saat sebelum kupu-kupu ini terbang, aku mendapatkan foto berikut.

 

Tips memotret kupu-kupu menggunakan DSLR pemula

 

Gimana? Seperti foto di majalah-majalah toh? Kupu-kupu dipotret bersama kepompongnya. Ah, coba aku dapat momen pas proses kupu-kupu sedang keluar dari kepompongnya. Pasti fotonya lebih ciamik lagi.

 

Demikianlah artikel kali ini tentang langkah-langkah memotret kupu-kupu ala Wijna. Semoga bermanfaat dan semoga ada kupu-kupu yang mampir ke kediaman Pembaca.

 

Eh, tapi kupu-kupu beneran lho, bukan kupu-kupu malam, hahaha.


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • FEBRIDWICAHYA
    avatar 8635
    FEBRIDWICAHYA #Kamis, 12 Nov 2015, 20:04 WIB
    Edan mas ._. itu fokus banget, hasilnya beuh, bening abis :
    yo ngono lah Feb, nek wis propesional iso luwih bening meneh, hehehe
  • NEZZ
    avatar 8637
    NEZZ #Jum'at, 13 Nov 2015, 00:07 WIB
    Foto kupunya cantik.... suka sama setting
    studio nya... hehehe
    Untung yang punya mukena nggak tahu :D
  • ANGGI AGISTIA
    avatar 8638
    ANGGI AGISTIA #Jum'at, 13 Nov 2015, 09:15 WIB
    Wah, bagus foto-fotonya mas. Pas banget ya baru menetas dari kepompong jadi jinak-jinak
    merpati gitu kupu-kupunya anteng pas di foto :D
    selagi jinak dimanfaatkan, hehehe
  • VICKY LAURENTINA
    avatar 8640
    VICKY LAURENTINA #Jum'at, 13 Nov 2015, 14:22 WIB
    Sebetulnya dengan latar belakang rumahmu itu sudah bagus lho. Adanya latar belakang
    putih itu malah menghilangkan kesan alaminya.

    Bagaimana komentar ibumu dengan penggunaan mukena sebagai latar? Saya malah
    ketawa bayanginnya
    halaman belakang rumah berantakan bu Dokter, jadinya nggak bagus buat dipotret XD Ibu nggak tau kelakuanku...
  • MEINDRASET
    avatar 8648
    MEINDRASET #Minggu, 15 Nov 2015, 13:29 WIB
    Luar biasa..hasilnya tajam mas..lensanya mantab juga sih 35mm.hehe
    itu hasilnya dicrop gak mas?
    tanpa crop itu Bro :D
  • ANDIKA HERMAWAN
    avatar 8651
    ANDIKA HERMAWAN #Minggu, 15 Nov 2015, 22:22 WIB
    keren banget mas hasil jepretane matabelo
    nuwun Bro :D
  • MOMOGROSIR
    avatar 8652
    MOMOGROSIR #Senin, 16 Nov 2015, 10:34 WIB
    bagus banget cara foto nya. kupu2 nya juga cantik.
    hehehe XD
  • NBSUSANTO
    avatar 8657
    NBSUSANTO #Selasa, 17 Nov 2015, 10:20 WIB
    apik tenan mas.. memang kupu-kupu jadi obyek makro sik menarik banget.. dari jaman
    megang hp cybershot sampe sekarang pake kamera poket selalu suka ngemakro kupu-
    kupu, ya walaupun belum bisa detail.. njug pas pinjem mirrorless temen njajal ngemakro
    dan bikin pengen.. :D
    apik to Bro? jaman cilik mbiyen dolanane nangkep kupu-kupu, saiki motreti kupu-kupu, wekekekeke
  • IKURNIAWAN
    avatar 8662
    IKURNIAWAN #Rabu, 18 Nov 2015, 12:30 WIB
    wah keren. fotonya bagus. Kupu-kupunya juga kok jinak ya, mau diarahkan
    :D
    baru menetas dari kepompong Mas kayaknya, jadi belum sadar betul dirinya :D
  • PARENTING
    avatar 8663
    PARENTING #Rabu, 18 Nov 2015, 13:48 WIB
    Gila, itu pakai kamera apa mas, atau emang yang ambil gambar yg keren
    yang bener itu yang motret yang gila :D
  • BERSAPEDAHAN
    avatar 8693
    BERSAPEDAHAN #Selasa, 24 Nov 2015, 15:17 WIB
    kreatif .. kekurangan adalah tantangan ..

    seharusnya tambahin tips .. bagaimana membuat si kupu2 tetap stay ... :D
    ooo... itu tentu saja pakai bantuan yang "lembut-lembut" Kang :3
  • BUKANRASTAAMAN
    avatar 8706
    BUKANRASTAAMAN #Rabu, 25 Nov 2015, 14:49 WIB
    itu kok bisa ditangan gimana ya mas? keren fotonya mas, aku nyoba foto kok elek ya :(

    http://bukanrastaman.com/2015/09/01/butterfly-garden-sebuah-konsep-ide-kreatif-dari-
    negeri-tetangga/
    Kebetulan baru menetas ini Bro makanya jinak-jinak gitu :D
  • SANDI ISWAHYUDI
    avatar 8717
    SANDI ISWAHYUDI #Kamis, 26 Nov 2015, 19:01 WIB
    keren gan saya juga suka foto seperti ini. sayangnya, kagak punya DSLR, adanya kamera
    smartphone hehe
    Kamera smartphone sebenernya bisa diakali klo dipasang filter close-up lho
  • YASINTA
    avatar 8745
    YASINTA #Sabtu, 28 Nov 2015, 22:27 WIB
    Wah mas keren-keren foto nya.. Apalagi masih ada kepompongnya bikin makin ajib..
    Saya juga ga pake lensa makro dan emang ga berniat beli jadi disiasati saja untuk motret
    makro ini
    Betul mbak, fotografer keren itu kan memanfaatkan keterbatasan jadi kreativitas :D
  • AKARUI CHA
    avatar 9012
    AKARUI CHA #Senin, 4 Jan 2016, 14:27 WIB
    Hiyaaaakkkkk fokus bangettttt kerennn!
    Hihihihi, nuwun!
  • CAK
    avatar 9572
    CAK #Jum'at, 15 Apr 2016, 17:20 WIB
    Ajarin dong ambil foto kayak gitu om
  • KAFFAH SEO INDONESIA
    avatar 10215
    KAFFAH SEO INDONESIA #Minggu, 16 Okt 2016, 00:59 WIB
    Keren banget fotonya
    Bgnya gimana kok bisa bagus gitu?
  • RYAN RA
    avatar 10374
    RYAN RA #Kamis, 17 Nov 2016, 11:59 WIB
    Serasa ngeliat photo di majalah National Geographic mas...keren deh photonya