Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Rabu, 16 Juli 2014, 11:32 WIB

Ada 3 benda berhuruf depan K yang tak bisa terpisahkan dari kehidupanku sehari-hari: komputer, kamera, dan kaos kaki. Oke... lupakan tentang kaos kaki... Sebab, sekarang aku mau cerita tentang kamera.

 

Di bulan Maret 2014 aku dapat kabar buruk. Aku mesti pisah ranjang dengan DSLR bututku untuk sementara waktu. Agar aku tidak mati gaya, terbesitlah ide untuk mencari pendamping lain. Yang aku maksud tentu kamera, bukan manusia. Sebab, untuk 3 benda berhuruf awal K yang kusebut di atas aku bisa mendadak khilaf.

 

Review Kamera Poket Pemula: Nikon Coolpix S3500. Komponen DSLR yang rusak.
Ini lho komponen DSLR yang rusak. Ada yang bisa menebak ini komponen apa?

 

Kamera Poket yang Tidak Neko-Neko

Sepulang kerja, mampirlah aku ke toko kamera di jalan Gejayan, Kota Jogja yang kini ganti nama jadi jalan Affandi. Niatku beli kamera dengan rentang harga satu jutaan rupiah sudah bulat. Itu mengalahkan bulatnya niat beli smartphone yang sampai detik ini masih belum terbeli.

 

Terus terang, sebenarnya sudah lama aku pingin punya kamera poket. Sebab, beberapa misi mensyaratkan selundupan kamera kecil nan ringkas. Apalagi, setelah beberapa tahun memakai DSLR, aku pingin tahu rasanya "turun kasta" memakai kamera poket. Kalau katanya orang, yang terpenting itu kan man behind the gun.  

 

Review Kamera Poket Pemula: Nikon Coolpix S3500. Komponen DSLR yang rusak.
Aaah... terkenang masa lalu pas baru mulai belajar motret pakai kamera digital.

 

“Mas, kalau kamera poket untuk pemula pilihannya ada apa saja?”

 

Pertanyaanku ke mas penjaga toko sepertinya sudah cukup meyakinkan dirinya bahwa aku mencari kamera jenis entry-level yang tidak neko-neko. Disodorkannya 3 jenis kamera ke atas etalase dan pada akhirnya terpilihlah Nikon Coolpix S3500 sebagai juara.

 

Alasan kemenangannya sederhana saja. Nikon Coolpix S3500 terasa lebih kokoh dengan body dari metal dengan paket memori 8 Gb, LCD guard, dan hard casing. Ketangguhan body menjadi pertimbangan utama karena aku lumayan kemproh pas motret. Meskipun demikian, harga yang mesti ditebus (Rp1.205.000) adalah yang termahal dari dua yang lain.

 

Review Kamera Poket Pemula: Nikon Coolpix S3500. Komponen DSLR yang rusak.
Jangan lupa, beli produk Nikon yang bergaransi resmi dari PT Alta Nikindo.

 

Nah, apakah ketangguhan body juga mencerminkan kualitas foto dan pengoperasiannya? Itu yang bakal aku cari tahu dengan tes di lapangan.

 

Segi pengoperasiannya tidak bermasalah buatku. Lha wong pengoperasian kamera poket kan ya seperti itu-itu saja. Apalagi aku sudah lama menganut Nikon, jadi sudah tidak asing dengan menu-menunya. Hanya saja, aku lebih suka menggunakan mode ‘Auto’. Istilah ini agak menipu. Sebab, di mode ‘Auto’ ini aku bisa lebih bebas mengatur ISO, kompensasi eksposur, dan metode fokus.

 

Review Kamera Poket Pemula: Nikon Coolpix S3500. Komponen DSLR yang rusak.
Tata letak tombol pengoperasian hampir sama untuk seluruh kamera saku.

 

Kualitas fotonya sendiri menurutku masih oke lah untuk ukuran kamera saku. Toh, aku nggak memakai resolusi penuh 20 MP tapi hanya 2 MP saja (1.600 x 1.200 piksel). Ngapain foto resolusi tinggi kalau cuma dipajang di blog?

 

Lima Tes Kualitas Foto Nikon Coolpix S3500

Pengujian yang pertama dilakukan di luar ruangan. Di mana seringnya aku memotret pemandangan (landscape) dengan turut menyertakan langit yang biru. Hasil fotonya agak kurang menyenangkan karena Dynamic Range Nikon Coolpix S3500 ini kurang "kuat" untuk mempertahankan birunya langit dan cerahnya foreground. Bila diperhatikan, daerah foto yang cenderung gelap rawan menghasilkan noise

 

Kualitas foto Nikon Coolpix S3500 di luar ruangan.
ISO-80, f/11, 1/250 detik, di panjang fokal 5 mm (setara 27 mm di full frame)

 

Setelahnya, mari kita pindah ke dalam rumah. Kebetulan, si Kaki Tiga sedang asyik bersantai di bawah hangatnya mentari. Sekarang, aku akan menguji hasil foto pada bukaan diafragma terlebar (f/3.5) dan panjang fokal terpendek (5 mm ~ setara 27 mm full frame). Pada setelan ini, biasanya sih hasil foto tidak terlalu bagus. Ternyata sebaliknya, hasil foto Nikon Coolpix S3500 terlihat bagus. Mungkin juga karena kondisi pemotretan lumayan terang.

 

Kualitas foto Nikon Coolpix S3500 di dalam ruangan.
ISO-80, f/3.5, 1/400 detik, di panjang fokal 5 mm (setara 27 mm di full frame)

 

Tes yang berikutnya adalah foto portrait. Setelan kamera diatur pada panjang fokal lensa maksimal dan bukaan diafragma terlebar. Pada Nikon Coolpix S3500 ini, panjang fokal maksimalnya adalah 27 mm (setara 189 mm full frame) dengan bukaan diafragma terlebarnya adalah f/6.4. Hasilnya cukup menyenangkan. Kualitas foto yang dihasilkan terbilang tajam pada area fokus.

 

Kualitas foto Nikon Coolpix S3500 di dalam ruangan.
ISO-80, f/6.4, 1/320 detik, di panjang fokal 27 mm (setara 189 mm di full frame)

 

Bukan sesuatu yang mengherankan bilamana kualitas foto terbaik dari kamera dihasilkan saat pencahayaan melimpah. Maka dari itu, seiring dengan bergulirnya siang menjadi malam, saatnya Nikon Coolpix S3500 diuji pada kondisi pemotretan minim cahaya. Dengan bantuan ISO 3.200 dan fitur peredam getar (Vibration Reduction), bukan hal yang rumit untuk menghasilkan foto bebas blur. Noise cukup terlihat, tetapi masih dalam batas toleransi.

 

Kualitas foto Nikon Coolpix S3500 di pencahayaan gelap malam hari.
ISO-3.200, f/3.5, 1/40 detik, di panjang fokal 5 mm (setara 27 mm di full frame)

 

Martabak asin nan hangat bukan alasan untuk absen di pengujian terakhir. Sebelum pulang ke rumah, Nikon Coolpix S3500 diuji untuk menghasilkan foto dengan teknik slow-speed. Tentu dengan setelan ISO rendah (80) sehingga kecepatan rana (shutter speed) bisa diperlambat selama mungkin. Sayangnya, kecepatan rana paling lambat hanya dibatasi maksimal 1 detik saja. Walaupun begitu, trail of light kendaraan yang melintas di seputar Tugu Pal Putih masih bisa terekam dengan baik.

 

Kualitas foto Nikon Coolpix S3500 di slow speed.
ISO-80, f/3.9, 1 detik, di panjang fokal 7 mm (setara 41 mm di full frame)

 

Kesimpulan Pengujian Nikon Coolpix S3500

Banyak hal-hal menyenangkan kita jumpai saat menguji kualitas foto Nikon Coolpix S3500. Akan tetapi, aku merasa ada beberapa hal yang masih mengganjal. Tiga di antaranya sebagai berikut:

 

  1. Bukaan diafragma tetap (fixed) untuk setiap panjang fokal. Di panjang fokal 27 mm bukaan diafragmanya f/3.5. Ruang tajamnya (depth-of-field) setara dengan f/20 di format full frame. Artinya, objek di foreground dan background akan berada pada satu area fokus. Jadi, untuk membuat latar menjadi kabur (blur) harus menggunakan mode Makro.
  2. Apa yang tampak di layar LCD menganut paham what you see is what you get. Untuk kondisi pencahayaan yang amburadul, misalnya memotret di bawah pohon, hasil fotonya terkadang gelap dan kadang terang sekali. Alhasil, memotret pemandangan dengan tetap mempertahankan birunya langit adalah tantangan tersendiri.
  3. Kecepatan rananya (shutter speed) maksimal hanya 1 detik! Ini jadi halangan buat aku yang doyan motret slow-speed air terjun, hahaha.

 

Terlepas dari kekurangan yang dimiliki kamera ini, aku memberi nilai 80 dari 100 untuk Nikon Coolpix S3500. Walaupun tergolong kamera lawas, kualitas fotonya cukup mumpuni sebagai pemanis artikel blog. Apalagi, kamera ini juga memiliki kemampuan merekam video HDV 720p. Benar-benar piranti ringkas untuk dibawa traveling.

 

Jadi, untuk pembaca yang sedang mencari kamera poket pemula, bolehlah melirik Nikon Coolpix S3500 atau seri terbarunya S3600. Aku belum tahu seawet apa kamera ini ke depannya, tapi bukankah kita selalu punya bantuan jasanya Pak Tumijo? #eh

 

Jadi, kamera poket kepunyaan pembaca apa ya?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • RUBY
    avatar komentator ke-0
    RUBY #Kamis, 4 Jan 2024, 14:56 WIB
    Halo Mas mau tanya. Saya punya kamera Nikon Coolpix S3500. Sudah lama tidak menyala karena baterainya rusak. Saya beli baterai baru lagi, tapi saat dicas tidak menyala. Kira-kira masalahnya ada di kameranya atau baterainya ya Mas?
    Kalau mau mengecek baterai masih menyimpan daya atau tidak itu bisa pakai alat bernama multitester/avometer yang paling murah seharga Rp25.000. Di YouTube banyak tutorialnya.

    Nah, S3500 yang lama tidak terpakai itu lama disimpan dengan baterai masih terpasang atau tidak? Jika ya, maka kemungkinan ada korosi di socket baterainya. Tapi, bisa jadi karena baterai internal CMOS-nya tidak punya daya.
  • RICKY INDRA
    avatar komentator ke-1
    RICKY INDRA #Kamis, 29 Sep 2022, 18:43 WIB
    Mas mau tanya. Saya punya kamera Nikon Coolpix S3500. Nah, itu kameranya nyala tapi kok malah menghitam di layarnya? Sebenarnya layarnya itu masih bagus. Apakah itu karena lensanya apa gimana Mas? Semuanya normal kecuali lensanya itu. Pokoknya gelap pas dinyalain. Apakah benar kalau ada kabel dari lensa yang belum terpasang di komponen elektroniknya?
    Coba diingat-ingat. Layar LCD-nya mendadak jadi hanya hitam (sepertinya LCD-nya mati) itu sejak kapan. Apakah tiba-tiba? Apakah sebelum menghitam muncul gejala seperti tiba-tiba layarnya mati sendiri?

    Kalau kameranya pernah dibongkar atau terkena benturan atau goncangan hebat, bisa jadi ada komponen kabel power atau display yang terlepas dari LCD. Jika tidak pernah, ya mungkin memang LCD kameranya sudah rusak karena dalam pemakaian normal LCD bisa mulai bermasalah di usia pakai 3 sampai 5 tahun.

    Jika lensa yang bermasalah, umumnya LCD tetap bisa menyala menampilkan menu-menu setting kamera. Hanya saja tidak bisa menampilkan live view.
  • ENGGI
    avatar komentator ke-2
    ENGGI #Jumat, 17 Apr 2020, 21:41 WIB
    Kak, mohon sarannya. Kenapa saat ambil gambar dan video kameranya bewarna merah jambu .. Gimana ya?
    Maksudnya hasil tangkapan si kamera berwarna merah jambu?

    Kalau pengaturan kamera tidak ada yang diubah-ubah, menurut saya bisa jadi karena sensor kamera sudah rusak.
  • JANG LUKMAN
    avatar komentator ke-3
    JANG LUKMAN #Selasa, 26 Mar 2019, 20:37 WIB
    Mas, bagaimana cara membetulkan Coolpix S3500 yang eror?

    Eror-nya video tidak jalan, tombol OK-nya tidak jalan, kemudian jalan sendiri tanpa dipijit-pijit.

    Mohon pencerahannya Mas. Tq.
    Wah, kalau error-nya seperti itu, dugaanku karena ada yang korslet di bagian pertombolan. Nggak bisa diperbaiki kalau nggak dibongkar kameranya. Jadi, mending dibawa ke tempat servis saja.

    Apa kameranya itu pernah terkena air banyak?
  • RAY
    avatar komentator ke-4
    RAY #Kamis, 14 Sep 2017, 16:14 WIB
    Untuk buat foto tugu itu langkah-langkah-nya gimana Mas Bro

    Hehehe.
    Langkahnya: cari sudut yang pas, posisikan kamera supaya nggak goyang-goyang, kemudian pakai mode pemotretan Night, jepret deh! :D
  • MUHAMMAS HASAN
    avatar komentator ke-5
    MUHAMMAS HASAN #Minggu, 27 Ags 2017, 07:53 WIB
    Menurutku kurang WiFi-nya aja... ama waterproof... Tapi udah punya Xiaomi Yi... Mah aman... Cuma kudu mau ribet...

    Pengen ngerasain mirroless atau DSLR sama pengen bisa slow speed-nya sama shutter speednya yang begitu lama...

    Mau upgrade tapi rejeki belom berpihak... Follback donk Mas...pengen liat hasil kamera Nikon Coolpix S3500 sampean..@hasan_achalendra, thanks.
    Kalau dikasih fitur WiFi sama waterproof bisa-bisa nanti harganya makin mahal, hehehe. :p

    Kalau mau main slow speed emang enaknya pakai mirrorless atau DSLR. :D
  • SAMSORI
    avatar komentator ke-6
    SAMSORI #Senin, 31 Jul 2017, 14:07 WIB
    salam kenal mas, mau tanya untuk hasil video nya gimana? soalnya saya tertarik ingin membuat video untuk channel yutub saya pakai kamera ini
    Hasil videonya standar. Tidak bisa mengubah diafragma saat proses merekam. Untuk sekedar video youtube sederhana ya boleh.
  • SOLEHAN
    avatar komentator ke-7
    SOLEHAN #Rabu, 5 Jul 2017, 02:32 WIB
    maksudnya forum di fb / yg lain, ,
    aq punya s3500 punya sodara udah jarang
    dipake jd tk minta tp masih bingung untuk
    setting biar hasilnya lbih max, ,
    Wah, maaf saya nggak tahu untuk forum yang khusus membahas Coolpix S3500
  • SOLEHAN
    avatar komentator ke-8
    SOLEHAN #Rabu, 5 Jul 2017, 02:22 WIB
    mas
    ada forum / komunitas ga slain blog, biar
    lbih gampang minta ilmunya, 😁
    Wah, maaf aku kurang tahu je
  • ADESINDY
    avatar komentator ke-9
    ADESINDY #Senin, 5 Jun 2017, 08:15 WIB
    Gimna yah mas.. sya punya camera
    nikon coolpix S3500.. lyar nya warna
    unguu .. gk tau kenapa
    truss itu kalau di buat potret hasilnya
    gak bagus.. agak kaburr2 gak jelas
    gtu.. itu kenapa yah..
    wah, mungkin itu sensor kameranya bermasalah. Coba dikonsultasikan ke service center.
  • FETZMAN
    avatar komentator ke-10
    FETZMAN #Selasa, 28 Jun 2016, 13:02 WIB
    Minta informasinya kenapa S3500 tiba-tiba mati total setelah beberapa hari disimpan? Sudah dicoba charge juga gak bisa Gan... :(
    Wah, mungkin itu baterainya bermasalah?
  • NEWBIE
    avatar komentator ke-11
    NEWBIE #Sabtu, 11 Jun 2016, 08:12 WIB
    Mau tanya dong, kalau disuruh memilih antara 3: Canon Ixus 115 HS, Nikon Coolpix S3500, dan Nikon Coolpix S3600 mending pilih mana ya?

    Kan kalau Canon itu cuma 12 MP-an. Nah yang Nikon 20-an MP, tapi kan hasil Canonnya juga bagus tuh.

    Di antara 3 itu kalau Kakak/Mas/Om/Bapak suruh pilih, pilih mana? Bagusan mana ya? Sebut type jangan bilang semua bagus ya, hehehehe.

    Buat pemula sih, suka foto-foto aja, kadang juga jatuh cinta sama yang background blur gitu,

    makasih maaf curhat wkwkw.
    Hihihi, kalau menurut aku sih pilih kamera yang sesuai dana yang dimiliki. Dibanding Coolpix S3500, seri S3600 itu lebih baru, tentu lebih punya banyak kelebihan dari seri-seri pendahulunya. Karena aku lebih suka tone warnanya Nikon jadi ya aku milih Nikon. :D
  • KUSWONO
    avatar komentator ke-12
    KUSWONO #Jumat, 20 Mei 2016, 09:05 WIB
    Senjata saya Nikon S2900.
    Wah, mantap. Generasi lawas tapi masih perkasa. :D
  • KUSWONO
    avatar komentator ke-13
    KUSWONO #Jumat, 20 Mei 2016, 09:03 WIB
    Nemu artikel bagus.. maksih mas Tumijo.. ^^v. .
    Sama-sama. :D
  • SITI
    avatar komentator ke-14
    SITI #Jumat, 22 Apr 2016, 13:31 WIB
    Mas, Nikon S3500 saya kok tiba-tiba muncul garis-garis vertikal yaa agak samar terus tombol nya eror loh. Kadang suka mencet-mencet sendiri. Gimna yaah???
    Wah, mungkin kamera digitalnya korslet Mbak. Coba bawa ke tempat servis.
  • YUDHI
    avatar komentator ke-15
    YUDHI #Sabtu, 26 Mar 2016, 07:27 WIB
    Bang, ane ada Coolpix S2800. Kalau focus gimana yah? Soalnya susah banget .. apa bisa diakalin?
    Terus kalo mau slowspeed bisa nggak yah? Thanks Mas.
    Kalau untuk fokus ke satu titik memang agak repot, soalnya daerah fokusnya bukan di satu titik tapi di kotak hijau (area).

    Kalau mau slowspeed bisa pakai mode Night, tapi kecepatan rananya terbatas sekitar 1 detik saja.
  • IBNU
    avatar komentator ke-16
    IBNU #Kamis, 4 Feb 2016, 10:07 WIB
    Mas, kalo mau fokusin ke satu obyek tapi background-nya blur gimana Mas?
    Kameraku Nikon S3500.
    Coba pakai mode Macro Bro.
  • EKA
    avatar komentator ke-17
    EKA #Senin, 18 Jan 2016, 11:17 WIB
    mas saya baru beli Nikon coolpix s3700 , tapi ko kalo buat video gabisa fokus ke satu titik gitu ya, apa emang kalo buat video gabisa fokus ke satu titik??
    Autofokus kamera poket memang nggak secanggih kamera DSLR. Jadinya agak kurang susah untuk fokus ke benda-benda kecil. Saranku coba ubah mode fokus ke makro deh.
  • IBNU
    avatar komentator ke-18
    IBNU #Senin, 11 Jan 2016, 20:03 WIB
    Caranya bikin light trail gimana Bro?
    Pakai teknik slow speed Bro!
  • ELLIN
    avatar komentator ke-19
    ELLIN #Jumat, 25 Des 2015, 10:59 WIB
    Saya pusing 7 keliling nih. Mau nonton konser boleh bawa kamera tapi tempat duduk saya jauuuh dari stage.
    Kira-kira Nikon Coolpix cocok nggak ya buat nonton konser? Seri mana yang bagus? Yang videonya bisa di-zoom jarak jauh sekitar 2 hall lah.
    Wah, kalau mau nonton konser pakai kamera mending bawa DSLR atau nggak pakai Coolpix yang seri A.
  • DIPA
    avatar komentator ke-20
    DIPA #Minggu, 29 Nov 2015, 10:03 WIB
    Mas, saya masih pemula banget ni dlm hal kamera
    pocket. Ada rekomendasi kamera yg bagus gak mas
    yg bisa dipake utk snorkeling dan hasil foto di
    outdoor maupun indoornya bagus. Harganya kalau
    bisa dibawah 2 jt mas. Makasih banyak mas..
    Kalau buat snorkeling mending beli kamera yang waterproof sekalian saja. Harganya berkisar 3 jutaan rupiah. Nabung sedikit lagi lah biar dapat kamera yang berkualitas untuk kegiatanmu. :D
  • FALAH
    avatar komentator ke-21
    FALAH #Rabu, 18 Nov 2015, 19:06 WIB
    Nikon coolpix s3700 bagus gak yah buat sehari
    hari? Kamera digital sama smartphone 2 jutaan
    bagusan mana kameranya?
    Nikon S3700 bagus mbak klo untuk foto sehari-hari. Dibanding kamera smartphone, aku sih lebih milih kamera digital. Kualitas fotonya lebih bagus karena sensornya lebih besar dan memang dirancang untuk motret.
  • AKARUI CHA
    avatar komentator ke-22
    AKARUI CHA #Senin, 9 Nov 2015, 18:45 WIB
    Aku udah lama pengen coba beli kamera poket biar
    kalo jalan jalan, hapeku tetap aman di dalam tas dan
    ga doyan lowbat sampe aku mati gaya. Tapi
    harganya lumayan buat ukuran aku. Hiks.
    nabung mbak. Setahun-dua tahun boleh lah.
  • NUNUG
    avatar komentator ke-23
    NUNUG #Sabtu, 7 Nov 2015, 15:52 WIB
    mas mau tanya, ngatur isonya dibgian mana ya?
    kamera poket saya coolpix 2800
    di bagian setting pemotretn, lebih jelasny baca buku manualny saja
  • GILANG
    avatar komentator ke-24
    GILANG #Minggu, 4 Okt 2015, 11:17 WIB
    Tpi hasilnya kurang mantap broo
    ya cuma sebatas itu kemampuannya Bro...
  • GILANG
    avatar komentator ke-25
    GILANG #Minggu, 4 Okt 2015, 06:39 WIB
    Mas cara nya nge blur gimana
    pakai mode Macro bro
  • TINA
    avatar komentator ke-26
    TINA #Jumat, 25 Sep 2015, 21:22 WIB
    Kak,mau tanya,emng nikon coolpix s3500 itu udh
    ada effect fisheye nya yaa
    Ada di menu Quick Effects. Walaupun hasilnya lebih nyata klo pake lensa fish eye.
  • ADIT
    avatar komentator ke-27
    ADIT #Jumat, 25 Sep 2015, 20:07 WIB
    aku suka traveling, gak begitu sering sih foto zoom,, jadi mending 5200 ya hargae murah...
    suka foto orang jalan, hewan liar, kereta, balapan,, cari kamera pocket dibawah 2juta untuk
    itu sebenernya
    wokey, berarti beli Coolpix 5200 aja yg lebih murah. Selisihnya dari Canon SX400 bisa dipakai buat bekal jalan2. :D
  • ADIT
    avatar komentator ke-28
    ADIT #Jumat, 25 Sep 2015, 16:51 WIB
    eh salah,, maksud saya coolpix 5300... sama mas hargae, suka simpel sih tapi nangung
    juga kalo gak ambil sx 400is kn superzoom,, suka bgt ma blog ini,, responnya cepat (y)
    Hmmm, klo dilihat-lihat Coolpix 5300 cuma nambah panjang zoom dikit dan ada fitur Wi-Fi nya dibanding seri 5200. Lha kamu seneng motret yang jauh2 nggak? Biasanya motret apa?
  • ADIT
    avatar komentator ke-29
    ADIT #Jumat, 25 Sep 2015, 15:59 WIB
    mas saya ini mau beli :D minta saran,,, bagusan Nikon Coolpix S5200 atau Canon
    Powershot SX400IS yg 16MP??? mohon pencerahannya
    Klo kamu nyari yg murah dan ringkas pilih Coolpix S5200. Klo nyari yg bisa superzoom tapi agak mahal, pilih Canon SX400IS.
  • ADIT
    avatar komentator ke-30
    ADIT #Jumat, 25 Sep 2015, 06:17 WIB
    aku kalo motret sering noise mas. kamera dibawah 2 juta untuk saat ini rekomendasi apa
    mas?
    Noise? ISO-nya disetting berapa? 800? 1600? Aku mau ngecek dulu jangan2 kamu yang salah memakai kameranya.
  • ADIT
    avatar komentator ke-31
    ADIT #Kamis, 24 Sep 2015, 22:30 WIB
    Mas kamera dibawah 2jt terbaru bagi pemula dan hasilnya memuaskan (tidak bluran) apa
    ya? rekomendsinya. sempet mikir samsung dv yg lcd depan belakang itu
    Tidak bluran itu maksudnya gimana ya? Kalau foto hasilnya blur itu mungkin karena pas motret goyang.

    Coba dicek dulu kameranya pakai mode Timer, supaya kamera njepret sendiri. Terus diletakkan di atas meja biar nggak goyang.
  • CICI
    avatar komentator ke-32
    CICI #Selasa, 22 Sep 2015, 10:18 WIB
    Gan tlg dong camera coolpix s3500 ku tiba\" lensa nya ngeblur trus aku gtw knp , pdhal sblumnya baik\" aja tlg d bntu gan
    coba bawa ke tempat servis terdekat. Kemungkinan ada elemen lensa yang posisinya salah.
  • JONES FIGHTER
    avatar komentator ke-33
    JONES FIGHTER #Rabu, 2 Sep 2015, 00:08 WIB
    om tipe nikon coolpix yg mana, yg hasil fotonya paling tajam warnanya??
    biar hasil fotonya lebih berwarna n ga pucat..
    thanks om
    He? Nggg, pilih aja Coolpix keluaran terbaru.
  • DANA
    avatar komentator ke-34
    DANA #Kamis, 27 Ags 2015, 17:10 WIB
    maksudnya warna merah di lcd kamera..hsl foto jd ngeblur parah...
    Hmmm, mungkin perlu dibawa ke pusat servis. Itu sepertinya sensornya bermasalah.
  • DANA
    avatar komentator ke-35
    DANA #Kamis, 27 Ags 2015, 09:33 WIB
    ikut nimbrung ah...ditempat gawe beberapa seksi dapet jatah nikon s3500 ini... hasil mayan lah buat fotoin yg berhubungan ma kerjaan.. tp minusnya yg ngeselin... semua kamera warna di LCD kemerahan dan hasil foto jelek bgt... tp didiemin bener sendiri... apa cacat pabrikan yaa 4 kamera kejadian serupa...
    Pas fotonya diimpor ke komputer ya masih merah? Maksudnya didiemin sendiri itu tiba2 bener sendiri tanpa diutak-atik? Sudah dibaca buku panduannya?

    Coba motret obyek di lokasi yang sama dengan pencahayaan yang sama. Apa hasilnya beda-beda ataukah sama?
  • SITI
    avatar komentator ke-36
    SITI #Kamis, 27 Ags 2015, 07:38 WIB
    mas, mau tanya dong. gimana caranya kita tau fokus, diafragma, shoot speed dari kamera nikon coolpix s3600? misalnya di set atomatis apakah fokus, diafragma, shoot speednya juga dapat diketahui?
    Bisa mbak. Pas di mau motret, tombol shutter (rana) ditekan setengah. Nanti di LCD muncul 2 angka semacam \"1/100 F3.5\". Angka 1/100 itu shutter speed, sedangkan F3.5 itu bukaan diafragma.
  • DHENDY
    avatar komentator ke-37
    DHENDY #Sabtu, 22 Ags 2015, 14:55 WIB
    gan, mau tanya kalo Nikon s3500 ini dibandingkan dengan SOny dsc 730 atau 830 mending
    yang mana gan? mohon referensinya
    wah, belum pernah mencoba kamera poket Sony
  • ACKHMAD RAGIEL
    avatar komentator ke-38
    ACKHMAD RAGIEL #Minggu, 9 Ags 2015, 08:06 WIB
    Minta pencerahan ttg kamera yg bagus kisaran 2 juta mas,!!!
    Type and sekalian harganya,!!
    Pilih aja macamnya Canon IXUS seri 2X, Nikon Coolpix seri S5X, atau Sony seri WX2X
  • RENA
    avatar komentator ke-39
    RENA #Minggu, 2 Ags 2015, 11:10 WIB
    Mas, aku pake nikon coolpix s3400. dari awal beli klo buat motret kok blur yah..kayanya
    ga ada fiture \"vibration reduction\" yg ky mas bilang sih. Jadi kamera ini ga semua orang
    bisa pake, karena goyang dikit langsung blur. Harus nahan getaran bgt klo motret! apa
    saya yang gak bisa pakai yah mas??
    Kalau saya cermati dari spesifikasi Nikon S3400 yang ada di internet, kamera Nikon S3400 ini memang belum mengadopsi fitur \"Lens Shift Vibration Reduction\", hanya \"Electronic Vibration Reduction\". Artinya foto hasil \"peredam getar\" tsb merupakan olah digital dari sistem kamera, bukan peredam getar yang disematkan pada konstruksi lensa kamera.

    Untuk mengatasi blur coba langkah-langkah berikut. Atur ISO menjadi 800 - 1600. Lensa jangan di-zoom panjang. Dan kamera coba ditumpu pada bidang datar yang kokoh, semisal di atas meja. Semoga berhasil.
  • IRAWAN
    avatar komentator ke-40
    IRAWAN #Jumat, 3 Jul 2015, 14:43 WIB
    mas mau nanya nih, kalo kamera pocket harga dibawah 2jt yang paling bagus apa ya??? mohon recommen nya mas
    Apa ya? Menurut saya sih sama saja untuk kelas < 2 juta.
  • LIA SEPTYA
    avatar komentator ke-41
    LIA SEPTYA #Jumat, 19 Jun 2015, 13:32 WIB
    kalau untuk pemula yang doyan potret ini itu menurutmu lebih baik beli kamera poket apa smartphone ya ?
    kamera poket aja lah
  • ARIP
    avatar komentator ke-42
    ARIP #Rabu, 17 Jun 2015, 18:44 WIB
    Bener juga ini, meski DSLR masih ada dan masih hidup, saya coba turun kasta lagi pake
    kamera saku. Dan justru ada rasa merdeka buat motret ini-itu, kalau pake si kamera gede
    suka rada gengsi buat moto apalagi seringnya dianggap pro gitu lah.
    hehehe, kamera poket lebih merakyat
  • AYUDIA PRIYANKA
    avatar komentator ke-43
    AYUDIA PRIYANKA #Selasa, 14 Apr 2015, 23:52 WIB
    Mas saya mau beli dslr yg 3jtan ada ? recommended nya apa ya mas ? pencerahannya dongg
    DSLR 3 juta? hmmm... mungkin 3 koma sekian juta ya. Kalau persis 3 juta mungkin ya DSLR bekas. Bisa dicoba Canon EOS 1000D atau Nikon D3000.
  • ROBIN
    avatar komentator ke-44
    ROBIN #Selasa, 14 Apr 2015, 23:45 WIB
    saya punya nikon s3600, kalo kecepatan rana yg paling highnya berapa ? kan yg paling lambat 1detik kalo yg paling cepet berapa mas ? contoh (1/400detik) terus ada di mode apa aja ? makasih mas
    Kalau nggak salah sih kecepatannya 1/1000 detik. Bisa dicoba pakai mode sport.
  • IBNU FURWANSYAH
    avatar komentator ke-45
    IBNU FURWANSYAH #Senin, 30 Mar 2015, 00:18 WIB
    Om kalo kegunaan eye-fi buat apaan ya ??
    Eye-Fi itu kartu SD yang digunakan sebagai koneksi Wi-Fi eksternal (klo kamera nggak punya fitur Wi-Fi built-in)
  • DICKY GILANG
    avatar komentator ke-46
    DICKY GILANG #Senin, 30 Mar 2015, 00:15 WIB
    Om kalo kegunaan ey-wifi di camera coolpix 3500
    buat apaan ya ?
    Eye-Fi itu kartu SD yang digunakan sebagai koneksi Wi-Fi eksternal (klo kamera nggak punya fitur Wi-Fi built-in)
  • SITI
    avatar komentator ke-47
    SITI #Minggu, 29 Mar 2015, 11:01 WIB
    timer nya ada g si mas di nikon s3500 dan perekam vidio nya kok tempat saya batas waktu 5detik mati sampai 5x baru bisa panjang merekam vidionya.. tu bagaimana tooh..??? mohon jawabnnya...
    Woh! jangan-jangan kameramu itu di-set ke mode timer? Makanya baru bisa ngerekam setelah lewat 5 detik?
  • KEVIN
    avatar komentator ke-48
    KEVIN #Jumat, 27 Mar 2015, 11:02 WIB
    mas mau nanya, saya baru beli nikkon s3600 coolpix itu keluaran tahun berapa ? itu kamera lawas ya ? kok belum touch screen ya ? saya awam dunia photograpper mas hehe, trus kalo buat dimasukin ke instagram kira kira pake yg berapa megapixsel ya ? mohon dijawab ya mas, makasih sebelumnya
    Nikon Coolpix s3600 itu keluaran tahun 2014. Itu kan kamera ekonomis jadi emang fiturnya terbatas. Salah satunya nggak ada fitur touch screen. Klo cuma buat dimasukin ke Instagram sebenernya sih resolusi 1 Megapiksel juga udah berlebihan hehehe.
  • DICKY
    avatar komentator ke-49
    DICKY #Rabu, 25 Mar 2015, 22:23 WIB
    Bang mau nanya kalo cara hubungin wifi dari camera
    S3500 ke hp gmana ya caranyaa ,
    Setahu saya S3500 nggak punya fasilitas Wi-Fi.
  • SATYA
    avatar komentator ke-50
    SATYA #Rabu, 18 Mar 2015, 20:47 WIB
    Bang. Kalau canon s3400 sama yg kepunyaan
    abang, bagusan mana bang??
    Sama-sama bagus Bro
  • TUTUS
    avatar komentator ke-51
    TUTUS #Rabu, 11 Feb 2015, 06:06 WIB
    mas sekarang nikon colpix s3500 nggak ada,..
    adany nikon colpix s2800 itu bagus nggak gan?? mohon pencerahanny :D
    Coolpix S3500 bagus kok kakak, itu malah versi yg dirilis tahun 2014
  • IKHSAN ANUGRAH
    avatar komentator ke-52
    IKHSAN ANUGRAH #Jumat, 26 Des 2014, 22:39 WIB
    Itu foto di atas pake kualitas MP berapa gan??
    Trus kalo smakin tinggi iso smakin terang
    atau gelap?bagusnya kalau foto di alam pake
    iso brapa?trus kalo foto di dalam ruangan
    pake iso brpa?mohon jawabannya ya. :)
    Itu foto pakai kualitas 2 MP
    Semakin tinggi ISO semakin terang
    Foto di alam di dengan cahaya matahari berlimpah pakai ISO di bawah 200
    Foto di dalam ruangan pakai ISO 400 ke atas
  • ARDI
    avatar komentator ke-53
    ARDI #Jumat, 12 Des 2014, 15:12 WIB
    cara motret teknik shutter speed gimana ya mas, pengaturannya apa aja ...
    baru pertama kali pake kamera digital kebetulan sama nikon s3500...
    Shutter speed? Slow speed kali? Motret pake slow-speed itu pakai mode Night.
  • BAGUS
    avatar komentator ke-54
    BAGUS #Selasa, 9 Des 2014, 00:36 WIB
    gan klo mindah foto itu.. udah tersimpan sendiri di pc / harus di copy sendiri
    ???
    Kameranya kan dihubungkan pakai kabel USB ke komputer. Habis itu buka My Computer dan buka folder kamera tersebut. Nanti isi foto di dalam situ dicopy manual (CTRL+C) ke harddisk di PC
  • ANDRI
    avatar komentator ke-55
    ANDRI #Selasa, 2 Des 2014, 22:05 WIB
    ISO-80, f/6.4, 1/320 detik, di panjang fokal 27 mm
    (setara 189 mm di full frame )
    lha kyk ini mksudnya ap y bang,, cara ngaturnya gmn??
    maklum bru punya s3500 :D mohon pencerahannya
    Itu namanya data EXIF (Exchangeable Image File Format) pemotretan, otomatis tersisipkan dalam setiap file foto dari kamera digital.

    Yang bisa kamu atur secara manual hanya nilai ISO dan panjang fokal (zoom). Sedangkan nilai f/? dan 1/? detik itu otomatis ditentukan kamera pas kamu milih Scene Mode.
  • NBSUSANTO
    avatar komentator ke-56
    NBSUSANTO #Minggu, 2 Nov 2014, 10:57 WIB
    udah 2 tahun pake poket sony w570, sejauh ini puas kalo buat landscape, yang berwarna
    di aslinya bisa dinikmati di layar komputer.. :D
    tapi sekarang lensanya seperti kemasukan debu micro gitu.. ada rekomendasi tempat
    berisihin nggak mas? kemaren tak bawa ke toko tertentu katanya nggakpapa cuma debu
    dan kalo berisihin lensa beresiko makanya dia nolak.. iya sih nek buat jepret panjang
    fokal terpendek nggak berasa, tapi kalo di zoom semakin nampak.. sedikit merusak hasil
    foto.. :|
    Coba bawa ke Aneka Jaya Mas (Pak Tumijo). Di dusun Monggang, Sewon, Bantul deket dari Jl. Bantul km 7. No. teleponnya: 0857 2577 2939
  • OCHI
    avatar komentator ke-57
    OCHI #Sabtu, 18 Okt 2014, 12:58 WIB
    buat pemula yang lg nyari kamera pocket nikon s3500 udah cukup oke belum bang? kalo compare sama sony w810 gimana?
    Di rentang harga yang sama kualitasnya serupa kok. Cocoklah bagi pemula.
  • ASTRID
    avatar komentator ke-58
    ASTRID #Minggu, 14 Sep 2014, 19:47 WIB
    btw kameranya sama nih. baru beli minggu lalu saya. tapi kurang pandai pakainya. mohon
    tips donk.. selain iso pengaturan apa saja yang perlu diperhatikan. mohon bantuannya :)
    salam kenal ya
    Untuk langkah pertama baca dulu buku manualnya mbak :D
  • SITI
    avatar komentator ke-59
    SITI #Senin, 18 Ags 2014, 12:09 WIB
    aq jg pakai nikon s3500, mau tanya kalau mau pindahin foto dari kamera ke komputr pakek USB tu gmna carana?
    Di sisi kanan kamera kan ada pintu untuk port USB.

    Sebelumnya kamera dimatikan dulu. Kemudian, kabel USB ditancapkan ke komputer dan ke kamera lewat port USB tersebut. Habis itu kamera dinyalakan dan lihat di My Computer.
  • HPYR
    avatar komentator ke-60
    HPYR #Minggu, 10 Ags 2014, 08:43 WIB
    samaan kameranya tapi masih bingung cara ngoprasiinnya. yang terutama itu panjang fokal. itu gimana ngaturnya?
    Panjang fokal itu bahasa populernya \"zoom\" (walau sebenernya istilah zoom ini salah).
  • HENDRAWAN
    avatar komentator ke-61
    HENDRAWAN #Rabu, 6 Ags 2014, 14:04 WIB
    mau tanya, bagusan pilih nikon coolpix s3500 atau canon ixus 145 ya mas?
    Saya belum pernah mencoba pakai Ixus 145, jadinya tidak bisa membedakan. Tapi kalau beda harganya tidak jauh, biasanya kualitasnya serupa.
  • JAUHARI M
    avatar komentator ke-62
    JAUHARI M #Selasa, 5 Ags 2014, 21:05 WIB
    bagus juga ya .. nikon coolpix ini ... atau yang motonya yang jago.
    kalau saya sih ... belum pernah punya dslr ... saya selalu pakai camera pocket .. sekarang
    pakai canon powershoot sx130 .. makanya hasil potretnya bgitu bgitu aja ..
    Sebenernya sih lebih ke cara motretnya Om. Setiap kamera pasti punya kekurangan. Tinggal gimana cara kita ngakali kekurangan itu aja supaya fotonya bagus.
  • DEDYF5
    avatar komentator ke-63
    DEDYF5 #Senin, 4 Ags 2014, 18:57 WIB
    Tadi baru beli camera pocket di jogja tronik. sempet bingung antara nikon coolpix sama canon ixus.tapi akhirnya pilih canon. alasannya sederhana, biar gak sama dg punyamu. haha.. :D
    m p r e t . . .
  • MOUDY
    avatar komentator ke-64
    MOUDY #Rabu, 23 Jul 2014, 11:01 WIB
    Dulu pake Nikon coolpix, untuk kelas kamera digital jadul fiturnya emang sudah ok banget,
    sampe sekarangpun masih pake digital hahaha (blum kerejekian beli dslr) tapi pakenya
    canon.
    Canon dan Nikon sama-sama bagus mbak, tinggal gimana cara pakainya aja :D
  • CADERABDULPACKER.COM
    avatar komentator ke-65
    CADERABDULPACKER.COM #Senin, 21 Jul 2014, 05:40 WIB
    akhhh ngak kesampean beli kamera pocket..lumayan bagus bagus juga hasilnya...
    Daripada beli DSLR kedua mending beli poket Bang yang lebih murah, hahaha
  • AQIED
    avatar komentator ke-66
    AQIED #Minggu, 20 Jul 2014, 04:56 WIB
    nikon pocket nya dua dua nya rusak setelah lewat masa garansinya (2 tahun), sebelum2nya kalo rusak kameranya di setorin ke nikon buat dibenerin. :)
    Biasanya klo disetorin ke Nikon biaya reparasinya 1/3 dari harga kamera :p
  • IWCAKSONO
    avatar komentator ke-67
    IWCAKSONO #Sabtu, 19 Jul 2014, 21:57 WIB
    Sering mampir ke blog sampeyan, tapi baru kali ini sempet komen.. Hohoho,

    Aku mantan pengguna Nikon nih, poket juga, tapi yang underwater, nikon coolpix AW 100, gegara aku sering nyebur laut, jadi pilih itu. Tapi sekarang dah tewas...
    Lha kok kamera tahan air dan banting malah udah tewas? Nggak hancur berkeping-keping kan?
  • DEDE RUSLAN
    avatar komentator ke-68
    DEDE RUSLAN #Sabtu, 19 Jul 2014, 07:28 WIB
    lumayan ya kalo malem dan di zoom keliatan bgt noisenya, apa karna iso tinggi?
    nikon skrg emg rata2 resolusinya tinggi dari pd canon
    Foto martabak itu pakai ISO 3.200 Bro, jadinya banyak noise. Klo masalah resolusi, kayaknya semua kamera senengnya kejar-kejaran deh
  • MATIUS TEGUH NUGROHO
    avatar komentator ke-69
    MATIUS TEGUH NUGROHO #Jumat, 18 Jul 2014, 18:51 WIB
    Wah, aku juga lagi cari2 kamera digital atau semi-DSLR nih. Punya rekomendasi lain yg
    bagus dengan harga di bawah 3 juta nggak?
    Kemarin mau nyoba nyari kamera poket merk Sony yang seri W tapi nggak ada. Katanya sih bagus juga.
  • ANGKI
    avatar komentator ke-70
    ANGKI #Kamis, 17 Jul 2014, 05:13 WIB
    wkwkwk..mas dari kmrin saya lg mikin ngapain di blog pake kamera dslr hahh,sudah di
    bahs disini emng keren dah mas Wijna...terdpan..sy dl jg make camera ini mas..dah
    pensiun tp skrng...haha pak tumijo to mas...kl sya ke pak kliwon meski antriny
    masyaAllah...pak tumijo recomended to??? perlu d coba nih,,,wah emang man the
    behind yah...mas wijna mantap...spesial martabak pake telor dua y mas ..heheh
    Pak Kliwon sebelah mana Ngki?
  • AQIED
    avatar komentator ke-71
    AQIED #Rabu, 16 Jul 2014, 23:18 WIB
    aku pake Nikon Pocket sampe 2x smp akhirnya gak tertolong lagi. trus lama gak punya kamera, amp dpt Sony dr kantor p
    Kok gak ketolong kenapa e Qied?