Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Selasa, 22 Oktober 2013, 07:55 WIB

Hari Rabu (7/8/2013), sekitar pukul setengah 6 pagi, mobil yang ditumpangi Pakdhe Prap dan Mas Pitra berhenti di depan rumah. Bersama dengan Mas Ari, kami naik ke mobil dan langsung tancap gas menuju Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

 

Seperti yang pernah terjadi di tahun lalu, pada hari ini kami berempat hendak berburu foto pantai Gunungkidul. Kalau di tahun lalu kami ke Pantai Pok Tunggal, maka tahun ini kami beralih ke pantai yang lebih dekat, yaitu Pantai Ngobaran dan sekitarnya.

 

Hunting Foto Lebaran 2013: Ngobaran, Nguyahan, Ngrenehan
Cara seorang Pakdhe untuk bermain dengan ponakan-ponakannya yang sudah gede.

 

Perjalanan dari Jogja ke Pantai Ngobaran relatif lancar. Padatnya jalan hanya terasa di seputar Pasar Paliyan dan Pasar Trowono. Itu karena banyak warga yang memadati pasar untuk berbelanja bahan-bahan panganan khas lebaran: ketupat, opor ayam, dan sambal krecek.

 

Yup! Hari Rabu ini H-1 Idul Fitri. Horeee, besok makan enak! Eh, inget sekarang masih puasa ya? Hehehe.

 

Jalan yang Lebar itu...

Aku baru ngeh. Jalan lebar yang aku jumpai pas bersepeda ke Pantai Bekah dulu itu ternyata tembusnya di pertigaan Pasar Trowono. Jadi, itu jalan yang menghubungkan Pantai Ngrenehan dan Parangtritis.

 

Rute menuju Pantai Ngobaran sama persis dengan ruteku dulu pas masih PEKOK bersepeda kemari di tahun 2010. Eh, terakhir kali aku singgah kemari ya di tahun 2010 sih. Oh iya! Selain bersepeda, aku juga pernah berburu foto di sini pas bulan puasa bareng manusia-manusia di bawah ini.

 

fotografi pemotretan model cewek jogja cakep cantik di pantai ngobaran saat sore hari
jaman pas masih muda banget

 

Obyek sasaran pertama adalah Pantai Ngobaran. Di sini aku menghabiskan waktu untuk “semedi” di bebatuan karang.

 

spot foto menarik di pantai ngobaran untuk pemotretan slow-speed
lokasi yang pas untuk ngendog sambil mencari inspirasi...

 

Hunting Foto Lebaran 2013: Ngobaran, Nguyahan, Ngrenehan

Hunting Foto Lebaran 2013: Ngobaran, Nguyahan, Ngrenehan

 

Obyek sasaran kedua adalah Pantai Nguyahan yang letaknya di seberang bukit Pantai Ngobaran. Di sini aku memilih “semedi” di bibir pantai.

 

berjalan kaki ke pantai nguyahan di gunungkidul
Pantai Nguyahan yang bisa dijangkau dengan berjalan kaki dari pantai Ngobaran.

 

Hunting Foto Lebaran 2013: Ngobaran, Nguyahan, Ngrenehan

 

Oh iya, Alhamdulillah di dua tempat itu tidak terjadi musibah kamera basah, hahaha.

 

Obyek sasaran ketiga dan yang terakhir adalah Pantai Ngrenehan yang letaknya sekitar 1 km di timur Pantai Ngobaran. Di pantai ini niatnya Pakdhe Prap mau membeli hasil laut, tapi ternyata yang jualan hanya sedikit.

 

nelayan di pantai ngerenehan menggali pasir sebagai tempat pembuangan sampah dikarenakan mereka terbiasa dengan cara tradisional menimbun sampah di dalam pasir pantai
Seandainya pembaca main pasir di pantai dan entah kenapa nemu timbunan sampah di bawah pasir, ini jawabannya...

 

budaya dan tradisi para nelayan yang tinggal di pantai ngerenehan saling bantu membantu mengangkat perahu nelayan lain yang menepi ke bibir pantai
Aku merasa di jaman sekarang ini khususnya di perkotaan, budaya tolong-menolong (tanpa imbalan) sudah sangat jarang ditemui.

 

hasil tangkapan nelayan di pantai ngerenehan, yogyakarta sangat sedikit tatkala bulan ramadan karena mereka tidak sanggup berlama-lama melaut
Hasil tangkapan yang tersisih.

 

Oleh sebab bau ikan di Pantai Ngrenehan waktu itu sangat menyengat, alhasil bikin aku pusing dan nggak konsen buat motret. Imbasnya, baru kali ini aku merasa mabuk (pingin muntah .red) sepanjang perjalanan pulang ke Jogja.

 

Sekitar pukul 11.00 aku sampai di rumah. Langsung mandi dan tidur. Berharap lebaran yang tinggal esok hari aku sudah pulih dan bisa ikut salat ied.

 

Hadeh...hari terakhir puasa kok malah menderita...

Pembaca pas sehari sebelum lebaran ngapain?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • DUNIAELY
    avatar 5599
    DUNIAELY #Selasa, 22 Okt 2013, 12:51 WIB
    wah .. lihat Foto fotonya jadi kangen kampungku nun jauh di sana, cantik cantik banget gambarnya :)

    pas sehari sebelum Lebaran ? dah lama banget ya .... yg pasti mah saya sepedaan tiap hari keliling desa deh :)
    kampungnya emang di mana mbak?
  • PARIS
    avatar 5602
    PARIS #Kamis, 24 Okt 2013, 07:40 WIB
    Whaaaaat, sampahnya ditimbuh di pasir pantai! :O
    harta karun!
  • ANDIKA HERMAWAN
    avatar 5619
    ANDIKA HERMAWAN #Rabu, 30 Okt 2013, 18:03 WIB
    cakep juga pantainya, sayang udah lama di Jogja tapi belum pernah singgah kemari :(
    jalan-jalan bareng temen kuliah kemari boleh juga
  • PUNGKY
    avatar 5639
    PUNGKY #Rabu, 20 Nov 2013, 14:24 WIB
    Itu sampahnya bisa jadi kompos mas? eh,
    kayaknya sih nggak bisa, masak di dalam pasir ada cacing dan bakteri pengurai?
  • PRIH
    avatar 8198
    PRIH #Selasa, 1 Sep 2015, 21:15 WIB
    Karakter Ngobaran dan Ngrenehan terasa berbeda ya Mas dari tebing ke pasir. Ijin nyimak
    ya untuk bekal kunjungan kami mendatang. Terima kasih
    Sama-sama, semoga pas kemari nggak pakai acara nyasar ya :D