Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Rabu, 7 Agustus 2013, 18:17 WIB

Maaf Pembaca! Berhubung Nikon sepertinya “berulah” lagi, jadi aku sela dulu artikel-artikel blusukan dengan artikel yang satu ini. Apalagi kalau bukan untuk merasani Nikon, karena “ulahnya” yang “fenomenal”.

 

Oke. Beberapa hari yang lalu, dunia fotografi Nikon “dikagetkan” oleh pengumuman dirilisnya lensa DX terbaru. Sesuatu yang sangat dinanti-nanti oleh para pengguna SLR digital Nikon berformat sensor APS-C. Sebabnya, selama ini Nikon sepertinya lebih condong “membahagiakan” pengguna kamera berformat full-frame.  

 

Sedihnya, “kekagetan” itu ternyata bukan sesuatu yang membahagiakan. Sebab, lensa DX yang dirilis oleh Nikon mengusung nama lengkap AF-S Nikkor 18-140 f/3.5-5.6 ED VR. Bagi pencermat dunia fotografi Nikon, hal ini jelas bikin geleng-geleng kepala.

 

Apa sebabnya? Sebabnya adalah lensa yang pernah diproduksi Nikon, termasuk yang aku beli tahun 2007 silam, memiliki nama lengkap AF-S Nikkor 18-135 f/3.5-5.6 ED. Kesimpulannya adalah sebagai berikut.

 

Kenapa 6 tahun sejak tahun 2007 Nikon merilis lensa DX baru yang “hanya” nambah panjang 5 mm dan “cuma” dilengkapi fitur peredam getar (VR)?

 

lensa nikon 18-140 DX VR
Yang paling atas lensa 18-140 DX VR yang baru. Di bawahnya lensa 18-135 DX dan 18-105 DX VR.
Pembaca bisa membedakan ketiganya?

 

Sejujurnya, aku mengharapkan yang lebih dari Nikon. Ini sama saja seperti produk “daur-ulang”. Ambil lensa 18-135 DX, tambahkan panjang lensanya 5 mm dan beri fitur VR. Simsalabim, jadilah lensa 18-140 DX.

 

Konstruksi lensa ini masih serupa dengan saudaranya, lensa 18-135 dan 18-105. Apalagi, kabarnya lensa ini akan dilepas di kisaran harga $599, yaitu $200 lebih mahal dari lensa pendahulunya. Padahal fiturnya ya... itu seperti yang aku singgung di atas.

 

Sehingga, kalau ada yang bertanya (misal fotografi pemula) yang bertanya kepadaku,

 

“Mas, apa aku harus beli/upgrade lensa Nikkor 18-140?”

Maka aku akan jawab tegas, TIDAK!

 

Serius. Mending uangnya ditabung lagi dan dibelikan lensa yang lebih superior semacam 17-55 f/2.8.

 

Tapi ada yang menarik lho. Kalau lensa 18-140 DX ini ditempatkan sebagai lensa kit yang sepaket dengan pembelian kamera DSLR. Kira-kira... kamera DSLR apa ya jadi teman lensa ini? Hmmm... semoga DLSR ini tidak bikin kaget untuk yang kedua kali.


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • CAHYO
    avatar 5468
    CAHYO #Senin, 12 Ags 2013, 19:43 WIB
    Ini kaget po nesu? :)
    lebih tepatnya jengkel, hahaha
  • ANNOSMILE
    avatar 5483
    ANNOSMILE #Sabtu, 17 Ags 2013, 08:43 WIB
    nanggung harganya mirip dengan 18-200mm
    klo udah punya lensa kit percuma buat upgred sih
    kecuali kalau diafragmanya f2.8 :p
    lensa dengan panjang fokal > 100 sih nggak bakal bisa f/2.8, paling ya mentoknya f/4
  • DEDE RUSLAN
    avatar 5526
    DEDE RUSLAN #Minggu, 8 Sep 2013, 14:29 WIB
    lensanya muat ga ya di d5000 :(, oiya pemakai nikon juga ?
    Ya muat lah ya. Iya, aku pakai Nikon juga.
  • HERUSANSONO
    avatar 9954
    HERUSANSONO #Selasa, 2 Ags 2016, 08:21 WIB
    lha kalau sudah punya lensa 18-105mm, wajib nggak sih ditukar sama lensa 18-140mm?
    Menurutku ya, asal 18-105 mu masih waras, jangan dibeli itu lensa 18-140. Mending uangnya ditabung buat beli lensa yg lebih pro, seperti 14-24 atau 16-85.
  • IWAN
    avatar 10264
    IWAN #Sabtu, 29 Okt 2016, 14:22 WIB
    Kalau dibandingkan kit 18-55mm gimana ya?
    Saya pakai kit itu, kalau motret acara yang posisinya
    agak dibelakang telenya berasa kurang panjang
    Mending 18-140mm atau malah sapujadag 18-
    200mm ya?