Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Senin, 11 Juni 2012, 06:26 WIB

Etika Berwisata Peninggalan Bersejarah

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak peninggalan bersejarah! Kalau bisa batasi kontak fisik ke benda tersebut!
  3. Baca informasi sejarahnya. Kalau perlu difoto dan dibaca lagi di rumah.
  4. Patuhi peraturan yang berlaku!
  5. Jaga sikap dan sopan-santun!
  6. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  7. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

head candi abang

Banyak orang yang masih terlelap ketika gelapnya langit masih mewarnai pagi hari. Kokok ayam, dering jam, hingga lantunan azan subuh tak serta merta mampu membuat orang untuk terjaga dari tidurnya.

 

Lantas, apa yang bisa membuat orang untuk bangun menyaingi terbitnya mentari di ufuk timur?

 

Jawabnya hanya satu, yaitu:

 

Semangat!

Semangat bagaikan energi yang membuat bumi ini berputar, dan energi itulah yang juga membuat roda-roda sepeda kawan-kawan SPSS berputar di setiap hari Sabtu pagi. Dan di hari Sabtu pagi (12/5/2012) kami amat sangat bersemangat untuk memulai bersepeda dari perempatan Blok O, Janti pada pukul 5 pagi.

 

Semata-mata hanya untuk menyaksikan sang mentari terbit di Candi Abang yang terletak di desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

 

Saking semangatnya, kami memacu sepeda seperti orang yang sedang dikejar setan, hehehe.

 

Foto siluet di Candi Abang Jogotirto Berbah Sleman
Buru-buru mengejar momen matahari terbit, hehehe.

 

Kenapa (Selalu) Candi Abang?

Candi Abang lagi. Candi Abang lagi. Dan memang lagi-lagi Candi Abang. Hehehe. Bosan?

 

Tidak juga. Sekali lagi aku jelaskan, Candi Abang ini adalah lokasi yang cukup kondang bagi kami untuk menikmati pemandangan. Letaknya yang di atas bukit, memungkinkan kami untuk memandang lepas ke berbagai penjuru mata angin.

 

denah candi abang
Denah Candi Abang. Bagan yang berlatar hijau itu obyek menarik untuk difoto.

 

Foto siluet di Candi Abang Jogotirto Berbah Sleman
Bukit Pathuk

 

Foto siluet di Candi Abang Jogotirto Berbah Sleman
Tebing Sawah

 

Foto siluet di Candi Abang Jogotirto Berbah Sleman
Gunung Merapi

 

Ditambah lagi, lokasinya tak seberapa jauh dari Kota Jogja. Medan jalannya pun relatif bersahabat. Tak masalah dengan kabar bahwa tempat ini wingit alias angker. Justru itulah daya tariknya. Sebab, lokasi ini bakal sepi pengunjung. Cocok deh untuk kegiatan berkumpul di luar ruangan, macamnya piknik hingga upacara bendera.

 

Proyek Siluet

Di bulan Januari 2010, aku pernah kemari, bareng sama kawan-kawan SPSS juga, yang waktu itu jumlahnya membeludak di atas 20-an. Pada waktu itu entah kenapa beberapa kawan yang membawa kamera mencetuskan ide untuk berkreasi dengan foto siluet.

 

Memang, bila berdiri di puncak Candi Abang akan dapat menempatkan kita sejajar dengan posisi matahari. Dan simsalabim! Foto siluet dengan mudah tercipta!

 

Lebih dari dua tahun berlalu semenjak kunjunganku ke Candi Abang memotret siluet. Nah, apakah rentang waktu itu berpengaruh terhadap hasil foto-fotoku?

 

Silakan Pembaca menilainya

 

Foto siluet di Candi Abang Jogotirto Berbah Sleman

Foto siluet di Candi Abang Jogotirto Berbah Sleman

Foto siluet di Candi Abang Jogotirto Berbah Sleman

Foto siluet di Candi Abang Jogotirto Berbah Sleman

 

Yang ini favoritku

Foto siluet di Candi Abang Jogotirto Berbah Sleman

 

Pembaca apa tertarik untuk berfoto siluet di Candi Abang?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • ELISA
    avatar 4650
    ELISA #Senin, 11 Jun 2012, 18:18 WIB
    bagus....
    matur nuwun :)
  • TANTE DIYAH
    avatar 4651
    TANTE DIYAH #Selasa, 12 Jun 2012, 01:05 WIB
    lokasi tepatnya dimana ya dik?, apa ini yang disebut situs Patih Gupolo di Kraton Boko
    kami dan keluarga kepingin berkunjung kesini, salam tante diyah, surabaya
    bukan tante, di sini ndak ada arca Gupolonya. Lokasi candi Abang bisa dilihat di: http://maps.google.co.id/maps?q=-7.811769,110.482635&hl=en&ll=-7.809048,110.482635&spn=0.054082,0.087719&sll=-7.811769,110.482635&sspn=0.054082,0.087719&oq=berbah&hnear=Berbah,+Sleman,+Special+District+of+Yogyakarta&t=m&z=14&iwloc=ltrends
  • ARMA NUR
    avatar 4658
    ARMA NUR #Rabu, 13 Jun 2012, 22:09 WIB
    Apik tenan dab..:D :D :D
    matur nuwun :)
  • ANA
    avatar 4665
    ANA #Senin, 18 Jun 2012, 01:54 WIB
    wah keren bgt mas :) kalo buat lihat sunset memungkinkan gak ya?? kayaknya deket sama ratu boko ya itu?? kalo dari ratu boko arahnya kemana mas :) trims :)
    Untuk lokasi lihat sunset memungkinkan banget mbak. Kalau dari Ratu Boko ke arah selatannya sekitar 6 km.
  • SHANTI
    avatar 4679
    SHANTI #Minggu, 24 Jun 2012, 15:36 WIB
    wow.. keren banget.. tahun 2006 pernah ke candi abang karena jadi relawan di berbah.. tapi sekarang dah lupa jalan menuju ke sana. tapi yang kutahu.. candi abang and candi ijo.. sama2 berada di tempat yang tinggi and sangat keren untuk dibuat foto siluet.
    Salam kenal mbak Shanti

    Pernah jadi relawan saat gempa kah? Kalau Candi Ijo itu yang bikin jengkel sikap petugasnya mbak :(
  • WENING
    avatar 4712
    WENING #Minggu, 15 Jul 2012, 11:31 WIB
    ya ampyuuuun keren buangeeeeet.... :o)
    terima kasih mbak Wening :)
  • FAIZAL
    avatar 5015
    FAIZAL #Selasa, 22 Jan 2013, 16:14 WIB
    Nice bung , jd pgin cek TKP . . hahaha
    eh, ngmong2 itu bukan yg d temukan jejak UFO itu bukan (CMIW) . .hehe
    tp tetep , NICE dan bagus fotone
    Bung ini belum tahu ya kalau saya ini aliyen yang turun dari UFO itu?
  • AFIAT
    avatar 5240
    AFIAT #Kamis, 25 Apr 2013, 17:57 WIB
    Salam kenal mas wijna, boleh izin copy gambar2nya ga?? bagus banget je soalnya,
    setidaknya buat mengurangi homesick saya ke jogja :),,
    boleh boleh boleh
  • CASSY_AGKA
    avatar 5273
    CASSY_AGKA #Minggu, 12 Mei 2013, 09:43 WIB
    Lawa gambar2 yang diambil... terasa ketenangannya. Kalau ada rezeki, saya jugak ingin
    bergambar sedemikian... Salam dari Malaysia..
    salam saya dari Indonesia :)
  • SHOPI A
    avatar 6630
    SHOPI A #Senin, 3 Nov 2014, 10:38 WIB
    kemaren mau kecandi ijo tp blusuk ke arah candi abang -_-
    tp ga mampir kecandiabang
    Weladala... kok bisa? Nggak tanya2 orang dulu toh?
  • AKARUI CHA
    avatar 9212
    AKARUI CHA #Minggu, 7 Feb 2016, 09:28 WIB
    Woaaaa foto yang angkat sepeda itu mantap banget
    Mas Mawi. Tempat wisata di Jogja sebenarnya
    banyak dan asik asik ya.
  • NBSUSANTO
    avatar 9801
    NBSUSANTO #Senin, 13 Jun 2016, 08:40 WIB
    foto ngisor dewe apikmen..