Selamat datang pembaca
di blog saya ini!

Pembaca hendak

Mblusuk


apa, kemana, dan dimana ya

(Mulai) Kelangan Alon-Alon

Angkat Kameramu Tinggi-Tinggi

Di tengah kerumunan massa yang memadati Jl. Malioboro, berdirilah diriku sambil menenteng kamera. Dengan raut wajah keheranan, aku memandangi orang-orang yang berjubel menyaksikan Jogja Java Carnival 2011. Dengan hiruk-pikuk yang mengalahkan ramainya suasana pasar di hari pasaran, aku nggak berharap banyak bisa memperoleh foto bagus.

 

Bagaimana mungkin? Di era ini, popularitas kamera sudah menyamai popularitas laptop atau Blackberry. Di mana hampir setiap orang punya dan hampir di setiap hajat besar semacam Jogja Java Carnival ini bisa ditemui penonton yang menenteng kamera (seperti aku :p). Sudah umum bahwa kelakukan kami adalah berdesak-desakan, demi memperoleh sudut pengambilan foto.

 

Bukannya aku patah semangat. Tapi benar-benar nyaris mustahil untuk bisa nyaman membidik di tengah situasi padat manusia semacam itu.

 

Hingga solusi yang kerap dipilih adalah, "Angkat Kameramu Tinggi-Tinggi dan Jepret!"


Angkat kamera

 

Benar, mengangkat kamera tinggi-tinggi melampaui kepala adalah salah satu upaya untuk memperoleh sudut pemotretan yang lebih luas. Masuk akal toh? Namun, bagaimana cara untuk mengatur komposisi foto?

 

Angkat kamera

 

Para pengguna kamera yang dilengkapi fitur live-view mungkin sedikit terbantu. Mereka dapat melirik ke layar LCD. Namun toh, memegang kamera di atas kepala, sembari mengatur komposisi, dengan posisi badan yang berdesakan di antara sekian banyak penonton lain, adalah hal yang mustahil dapat dilakukan dengan nyaman. Masuk akal apabila komposisi foto yang dihasilkan tak ubahnya seperti asal jepret saja. Harapan menghasilkan foto bagus tetap ada, namun menurutku itu sama saja seperti harapan bakal ada wanita yang luluh hatinya bila sang pria membabi-buta menyatakan cintanya ke banyaaak wanita. :p

 

Angkat kamera

 

Gemas dan geli rasanya melihat aksi para penonton yang mengangkat kamera mereka tinggi-tinggi itu. Sebenarnya mereka bisa menghasilkan foto bagus tanpa perlu mengangkat kamera tinggi-tinggi asalkan tahu siasatnya. Seperti apa itu? Simak terus lanjutan artikel ini ya! :)

NIMBRUNG YUK



  • #Senin, 24 Oktober 2011, 23:18 WIB
    Aku sebenarnya pengen banget lihat Jogja Java Carnival 2011 sayang gak bisa ke Yogya :(

    Jadi waktu nonton karnaval itu malah asyik motoin orang2 yg mengangkat kamera tinggi2 ya? hehehe
    iya, habisnya ndak kebagian sudut buat motret peserta karnavalnya, hehehe
  • BEJOKAMPRET
    avatar 4293
    #Selasa, 25 Oktober 2011, 22:08 WIB
    aku liat jogja java carnival dari TV trus sekalian motret dari tv juga...mangtaff
    hah? motret dari tv? ckckckck...
  • MBAH GUNDUL
    avatar 4295
    #Kamis, 27 Oktober 2011, 20:10 WIB
    good....
    matur nuwun sanget nggih mbah...
  • WEDHUSPURWO
    avatar 4296
    #Kamis, 27 Oktober 2011, 20:30 WIB
    gimana caranya kang?secara kamera saya AFnya error.bisa dijelaskan?
    AF error itu artinya kameramu mesti masuk bengkel buat diservis dulu Le...
  • TORO
    avatar 4297
    #Kamis, 27 Oktober 2011, 20:40 WIB
    nganggo d5000 meh angkat tinggi2 yo ra masalah.... lcd ne kan swivel! hehehehe....
    tetep wae angel! >.<
  • #Minggu, 30 Oktober 2011, 18:09 WIB
    Benar, secara nalar supaya bisa mendapatkan gambar tanpa terhalang kepala orang, dan pandangan yg luas. Saya sendiri bukan ahli photo :)
    Jadi masih suka angkat kamera tinggi-tinggi sewaktu motret? :D
  • #Senin, 31 Oktober 2011, 10:46 WIB
    barangkali perlu itu kang, kamera yang lcd nya bisa diputer puter dan ditekuk tekuk, tapi kalau berdesakan ya susah juga sih atur komposisi :D
    iya, mungkin kamera yang LCD nya bisa ditekuk-tekuk bakal membantu, tapi ya memotret dengan posisi kamera lebih tinggi dari mata sepertinya agak repot juga >.<
  • #Senin, 31 Oktober 2011, 13:31 WIB
    Saya termasuk yang kalau mengangkat kamera tinggi-tinggi suka gak dapat tuh gambarnya... :)
    nah itu dia Bu, mending nggak usah diangkat tinggi-tinggi kan kameranya? :D
  • BAJU WANITA
    avatar 4313
    #Selasa, 8 November 2011, 15:03 WIB
    salam kenal...
    salam kenal juga