Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Jum'at, 13 Mei 2011, 16:35 WIB

Tersembunyi di balik bukit, persawahan, serta padatnya pemukiman. Mungkin kalau SPSS nggak singgah kemari, aku nggak pernah tahu kalau ada suatu waduk dengan pemandangan elok yang letaknya nggak jauh dari Kota Jogja. Namanya Embung Tambakboyo.

 

Embung Tambakboyo adalah sebuah waduk yang dibangun tahun 2003 dengan luas genangan air 7,8 hektar. Warga memanfaatkan waduk ini untuk memancing dan juga pacaran berolahraga.

 

Pengunjung tidak dikenakan biaya untuk memasuki kawasan Embung Tambakboyo. Tapi, ada retribusi parkir untuk mobil Rp2.000 dan sepeda motor Rp1.000.

 

Embung Tambakboyo terletak di dua desa yang berbeda kecamatan, yaitu di Desa Wedomartani, Kecamatan Ngemplak dan Desa Condong Catur, Kecamatan Depok. Kedua desa ini merupakan wilayah Kabupaten Sleman.

 

Untuk mencapai Embung Tambakboyo, Pembaca bisa memulai penelusuran dari Pasar Condong Catur menuju arah utara. Nah, di pertigaan pertama belok kanan. Kemudian belok kiri di gapura bertuliskan MBS.

 

pesepeda komunitas SPSS Yogyakarta berfoto di Embung Tambakboyo, Sleman

 

Bagiku, Embung Tambakboyo juga menarik sebagai obyek foto. Aku ingin berbagi pengalamanku saat memotret disana.

 

  1. Embung Tambakboyo itu panjaaang (lebar ). Menurutku, lensa yang digunakan sebaiknya lensa bersudut lebar. Tapi, bisa juga dengan teknik foto panorama. Memotret beberapa frame dan lantas dirangkai menjadi satu menggunakan bantuan aplikasi olah foto semacam Adobe Photoshop.

     

    Panorama pagar pembatas Embung Tambakboyo, Sleman, Yogyakarta

     

  2. Jangan lupakan refleksi yang muncul di air Embung Tambakboyo! Untungnya air waduk jernih. Apabila cuaca bersahabat, refleksi langit bisa tercetak di air waduk. Tunggu sampai angin berhenti bertiup agar refleksi terlihat seperti cermin.

     

    foto refleksi pantulan permukaan air dan langit di Embung Tambakboyo, Sleman, Yogyakarta

     

  3. Datang ke Embung Tambakboyo saat pagi atau sore hari untuk mendapatkan pencahayaan terbaik. Perlu diingat, sudut pemotretan di pagi hari akan berbeda saat di sore hari. Eh iya, hanya saat memotret di pagi hari kita bisa mendapatkan foto waduk dengan latar belakang Gunung Merapi.

     

     

    Foto panorama keindahan Embung Tambakboyo di pagi hari dengan latar gunung Merapi

     

Jadi, apakah mau hunting foto atau hunting cewek ikan, Embung Tambakboyo bisa dijadikan pilihan lokasi. Tenang saja disini bebas buaya kok. Lha buaya? Kan embung = waduk dan tambakboyo = tambak buaya. Bener nggak sih?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • PAKDHETIMIN
    avatar 3867
    PAKDHETIMIN #Jum'at, 13 Mei 2011, 16:47 WIB
    buayanya kamu mas...
    saya mantan buaya darat Pakdhe...
  • DHERRA AMALIA
    avatar 3868
    DHERRA AMALIA #Minggu, 15 Mei 2011, 09:29 WIB
    wah, ini sih deket sama rumah saya, hehehe
    weh? Purwomartani atau Condong Catur?
  • SOEWOENG
    avatar 3869
    SOEWOENG #Senin, 16 Mei 2011, 09:02 WIB
    lama nggak kesii absen dulu ah
    hahahaha, lama juga kita tidak bersua Mbah Soewoeng :D
  • ZEE
    avatar 3870
    ZEE #Senin, 16 Mei 2011, 09:06 WIB
    Foto-fotomu selalu bagus ya Wi... :)
    terima kasih Bu :)
  • SUPRIYADI PLAT AB
    avatar 3876
    SUPRIYADI PLAT AB #Kamis, 19 Mei 2011, 14:16 WIB
    embung=waduk kecil, tambak=penghalang, boyo (dr bhs jawa)= bahaya....
    waduh.. Kang Supri ternyata mahir menerjemahkan, makasih Kang :D
  • LIZA
    avatar 4028
    LIZA #Minggu, 17 Jul 2011, 22:57 WIB
    wah.. semua tempat yg ditawarkan sudah tidak asing lg >.< , adakah tmpat wisata yg lebih mblusuk lagi? = )
    waduh, lebih mblusuk lagi??? Hmmm, siap dicari! >.<
  • ANNOSMILE
    avatar 4048
    ANNOSMILE #Senin, 25 Jul 2011, 13:44 WIB
    berasa wide..jadi pengen lensa wide :D
    padahal itu pakai photoshop, ehehehe :D
  • MUNIR POETRAFOTO
    avatar 4222
    MUNIR POETRAFOTO #Jum'at, 9 Sep 2011, 18:56 WIB
    saya suka foto2nya. pas, mantab!
    hehehe, nuwun ya Kang :D
  • YIPPI00
    avatar 4498
    YIPPI00 #Jum'at, 9 Mar 2012, 05:21 WIB
    wah...keren ni tempat klo diangkat buat TA...
    TA itu apa e?
  • SONY
    avatar 4696
    SONY #Minggu, 8 Jul 2012, 18:44 WIB
    rumahku ya di tb itu mas....salam buat semua aja ya....
    oke deeeh! :D
  • CHINTYA
    avatar 5461
    CHINTYA #Jum'at, 2 Ags 2013, 19:27 WIB
    tambak boyo hiii
    kook hiiii? serem?
  • ROMI
    avatar 6438
    ROMI #Minggu, 7 Sep 2014, 11:17 WIB
    Tempat mesum. Gk usah ditutup tutupi.
    Kalau malam sih iya, kalau pagi mosok yo masih jadi tempat mesum?
  • DHEA MONIKA
    avatar 7918
    DHEA MONIKA #Senin, 6 Jul 2015, 10:12 WIB
    rumah sodara di concat, tapi gak sempet ke
    tambakboyo eh tiba2 kenapa dah jadi bagus gitu?-_-
    Lumayan bersih lah mbak. Kalau pagi enak di sini lihat2 pemandangan. :D