Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Kamis, 15 Januari 2009, 23:57 WIB

Anak-anak Matematika UGM Angkatan 2005 (selanjutnya disingkat Math 2005), seakan tidak mau kalah dari kakak angkatannya (angkatan 2004, itu angkatanku!) dalam urusan membuat buku angkatan. Wajar lah, soalnya mereka kan sudah semester 7 yang sebentar lagi (yah, itu kalau mereka rajin dan tekun belajar ) akan segera lulus dari bangku kuliah.

 

Untuk itu mereka ingin membuat konsep buku angkatan yang berbeda dari buku angkatan yang Math 2004 buat. Perbedaan itu adalah Math 2005 memintaku untuk memotret mereka, di luar lapangan, untuk dimasukkan di buku angkatan mereka. Di mana tempatnya? Tidak lain adalah di Keraton Ratu Boko, Yogyakarta pada hari Sabtu (3/1/2009).

 

Foto Akbar, Bella, Hari, dan Citra mahasiswa prodi matematika UGM angkatan 2005 di Keraton Ratu Boko Yogyakarta

 

Keraton Ratu Boko ini bukan tempat yang asing buatku. Itu karena aku sudah berkali-kali kemari. Lebih rincinya:

 

  • Saat masih kecil dulu (lupa kapan)
  • Saat menguji coba DSLR Nikon D80 untuk pertama kali (Juli 2007)
  • Saat menculik Winky (Mei 2008)
  • Saat KKN bareng anak-anak TPA Al-Mubarok (Juli 2008)
  • Saat KKN bareng Mas Ferry dan Angga (Juli 2008)
  • Saat outbond bareng Kang Ardhi dan Andreas (Oktober 2008)

 

Foto Friska, Sigit, Arda, Siti Nurazhima Firmanti, Lani, mahasiswa prodi matematika UGM angkatan 2005 di Keraton Ratu Boko Yogyakarta

 

Nah, di kesempatan ke-7 aku kemari, cuaca bisa dibilang mendukung, cerah walaupun masih ada awannya. Sempet deg-degan juga karena hari Jum’atnya, Kota Jogja sempat diguyur hujan deras.

 

Setelah sekian kali aku kemari, aku sedikit hapal seluk-beluk spot pemotretan yang bagus di Keraton Ratu Boko. Tapi walau bagaimanapun, yah, aku mau mengomentari soal pemotretan di hari Minggu itu.

 

Foto Wayan, Friska, Ria, dan Adit mahasiswa prodi matematika UGM angkatan 2005 di Keraton Ratu Boko Yogyakarta

 

Pertama, perlu dijelaskan bahwa...ini pertama kalinya...eh kedua kalinya deng aku melakukan sesi pemotretan dengan obyeknya banyak orang. Kalau ditanya, "kamu sering memotret apa?", jawabanku biasanya kalau nggak batu ya pawai.

 

Motret landskap aja jarang-jarang. Lha wong baru tahun 2009 ini kok suka keluyuran. Motret model alias cewek-cewek aduhai juga jarang. Lha wong katanya ilmu motret model itu "ilmu hitam".

 

Tapi, kalau sudah dapat cap sebagai tukang motret ya pikirannya orang-orang motret apa-apa saja bisa. Jadi, aku setidaknya mesti bisa bikin foto bagus walau nggak nyeni dengan obyek banyak orang seperti ini. Wah, mesti belajar lagi deh motret orang banya. Kapan ada kesempatan seperti ini lagi ya?

 

Foto Putri dan Nuur mahasiswa prodi matematika UGM angkatan 2005 di Keraton Ratu Boko Yogyakarta

 

Kedua, waktu pemotretan yang dimulai pada pukul 08.00 dan berakhir pada pukul 14.00, aku pikir lama banget. Bukan kenapa-kenapa sih. Soalnya cahaya matahari kalau di siang hari pasti terik banget dan nggak bagus buat motret orang karena pasti ada bayangan yang muncul di muka.

 

Tapi, mau bagaimana lagi? Total ada 37 orang dan masing-masing dibagi menjadi 14 kelompok. Satu kelompoknya butuh waktu pemotretan sekitar 15-20 menit, jadi mau nggak mau harus motret di siang hari deh. Harusnya aku bawa temen fotografer lain ya?

 

Foto Meilani Ardiana mahasiswa prodi matematika UGM angkatan 2005 di Keraton Ratu Boko Yogyakarta

 

Kalau ditanya apa perlengkapanku di pemotretan ini, sederhana, hanya Nikon D80 ditambah lensa bawaan AF-S DX 18-135mm, filter polarizing murahan, dan tentunya tripod. Dari berbagai ulasan di internet tentang lensa bawaan tersebut, rata-rata memberikan komentar yang tidak terlalu baik. Tapi, kalau melihat hasil foto di siang hari itu, yah...sepertinya lensa ini juga mampu menghasilkan foto yang enak dipandang mata juga.

 

Oh iya, kapan-kapan aku akan memperbarui artikelku mengenai Keraton Ratu Boko ah. Untuk Math 2005, terima kasih sudah mengajakku melewatkan Sabtu siang dengan sesi pemotretan yang amat-sangat menyenangkan. Hehehe.

 

Foto keluarga mahasiswa prodi matematika UGM angkatan 2005 di Keraton Ratu Boko Yogyakarta


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • SAMSUL ARIFIN
    avatar 149
    SAMSUL ARIFIN #Jum'at, 16 Jan 2009, 05:29 WIB
    Semoga math'05 akan selalu kompak.
    Menjadi elemen pembangun bangsa yang hampir "porak poranda" ini.
    amiin.
    he? Amien deh Pin
  • EEM
    avatar 1068
    EEM #Selasa, 28 Jul 2009, 01:01 WIB
    He5, ada kok ga disebut wis yg paz jadi panitia upgrading? terlalu special yo? :p
    Pas panitia Upgrading tahun 2006 dulu itu ya? Kan aku ndak ikut kesana. Emang ada yang spesial apa Maa ? :)
  • SIGIT
    avatar 2159
    SIGIT #Minggu, 31 Jan 2010, 20:37 WIB
    yg pling ganteng,,gw doang,,hahaaa
    weleh!
  • LANI
    avatar 10049
    LANI #Selasa, 30 Ags 2016, 15:12 WIB
    Wahhh ada fotoku disitu.. hehehe

    Baru tahu ternyata ada cerita ttg foto angkatan aq di blog mu.. :) Bagus