Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Minggu, 4 Januari 2009, 19:26 WIB

Memotret atau fotografi, bagi sebagian orang bukanlah hobi yang murah. Tapi anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Sebab, kini dengan kamera handphone seseorang bisa saja mengabadikan momen-momen di sekitarnya. Malah sebenarnya jauh lebih mudah dan ringkas memotret dengan handphone berkamera dibandingkan dengan kamera pada umumnya. Maka dari itu, tidak heran bahwa akhir-akhir ini fotografi kian menjadi tren.

 

Nah, seorang teman yang tertarik menekuni dunia fotografi pernah bertanya kepadaku, apa sih untungnya punya hobi fotografi? Bagiku, fotografi tidak hanya hobi yang mengasyikkan tetapi juga membawa berbagai keuntungan dan manfaat seperti di bawah ini.

 

Membuat Badan Sehat

Untuk mendapatkan sudut pemotretan dan obyek yang menarik, seorang fotografer tidak boleh diam di tempat. Dia harus banyak bergerak dan karena itu membuat badan menjadi sehat. Terbayang kan aktifnya seorang fotografer yang hilir-mudik ke sana-ke mari?

 

Mengenal Banyak Tempat

Seringnya obyek-obyek fotografi yang menarik itu lokasinya ada di luar kota, di tempat yang jauh dari hiruk-pikuk kesibukan duniawi. Dengan mengunjungi tempat-tempat seperti itu dapat menambah wawasan kita dan sekaligus berkenalan dengan dunia luar.

 

Membuat Pandai Bergaul

Dalam memotret obyek manusia, seringkali kita harus mengetahui seluk-beluk dari sosok yang akan kita potret. Untuk itu mau-tidak-mau kita harus berinteraksi dengan mereka. Minimal ya dengan bercakap-cakap. Tentu lambat laun, sifat supel kita akan terasah jika kita kerap berinteraksi. Juga, tidak menutup kemungkinan bahwa kita bakal memiliki banyak teman dari sesama teman memotret dan orang-orang yang pernah kita potret.

 

Melatih Jiwa Kepemimpinan

Khususnya dalam memotret model manusia, seperti dalam acara pernikahan atau lain sebagainya, seorang fotografer juga dituntut bertindak sebagai pengarah gaya. Dalam hal ini bagaimana cara sang fotografer untuk bisa mengarahkan obyek agar bergaya sesuai yang dikehendaki merupakan salah satu penerapan jiwa kepemimpinan.

 

Melatih Sifat Sabar

Ada banyak hal yang tak terduga dalam fotografi, seperti cuaca yang mendadak berubah atau pun obyek yang berubah dengan tiba-tiba. Apalagi jika kita seorang fotografer komersial, di mana kita memotret berdasarkan permintaan klien. Tentu untuk menghadapi situasi tidak terduga, kita harus tetap sabar karena jika kita terbawa emosi, bisa-bisa foto yang kita hasilkan menjadi jelek.

 

Melatih Untuk Bangun Pagi

Ini khusus bagi yang senang memotret pemandangan (landscape) khususnya matahari terbit. Untuk mendapatkan lokasi dan pencahayaan yang pas, maka kegiatan memotret harus segera dilaksanakan sesegera mungkin ketika matahari mulai merangkak terbit. Selain itu, ada banyak aktivitas manusia khas masing-masing daerah yang menarik untuk diabadikan yang hanya terjadi saat pagi hari. Misalnya aktivitas para petani yang mencari rumput untuk pakan ternaknya.

 

Menambah Wawasan Ilmu Lain

Untuk menghasilkan foto yang baik seringkali tidak hanya dibutuhkan teknik memotret yang baik, melainkan juga wawasan mengenai obyek yang akan kita potret. Seperti halnya saat akan memotret para pencari kerang di pantai, kita harus tahu pada jam berapa laut mulai surut, di mana lokasi pencari kerang tersebut, persiapan apa saja yang dilakukan para pencari kerang, dan lain sebagainya.

 

Pada saat memotret mungkin akan muncul pertanyaan di diri kita mengenai obyek yang kita potret, seperti kerang jenis apa yang mereka cari, bagaimana cara mereka mencari kerang, berapa keuntungan dari mencari kerang, dan lain sebagainya. Dengan beragamnya obyek yang kita potret, pengetahuan kita juga akan semakin bertambah.

 

 

Mungkin ini yang paling mengena akibat dari hobi fotografi yang aku tekuni adalah prinsip untuk melihat suatu permasalahan dari berbagai sudut pandang. Yah, ini mungkin karena seringkali foto yang menarik adalah foto dengan obyek yang biasa saja namun difoto dari sudut pandang yang tak biasa. Oleh sebab itu, seorang fotograger dituntut untuk jeli melihat obyek dari berbagai sisi.

 

Nah, Pembaca sendiri melihat keuntungan punya hobi fotografi seperti apa?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • SAMSUL ARIFIN
    avatar 145
    SAMSUL ARIFIN #Selasa, 6 Jan 2009, 04:04 WIB
    Foto yang dipadukan dgn tulisan juga akan menghasilkan kombinasi karya yang indah. Teruslah berkarya, wisna.
    maksud perkataanmu apa Pin? tulisan?
  • EM
    avatar 2397
    EM #Minggu, 14 Mar 2010, 06:01 WIB
    Ipin : wkwkwk, plok plok plok :D

    Wijna : memotret membiasakanmu tidur siang :p
    kenapa saya tidur siang???